AVIATION

Progress Positif, Penumpang Bandara Harun Thohir Terus Meningkat

Jakarta, Airmagz.com – Moda tranportasi udara Bandara Harun Thohir-Juanda menjadi sebuah kebutuhan. Ini dibuktikan adanya peningkatan penumpanng setiap bulan. “Berdasarkan data ternyata animo masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan mode transportasi udara,”kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo.

Data yang diterima Radar Bawean, pada februari ada 11 penumpang, Maret meningkat 111 penumpang, April bertambah menjadi 113 penumpang. Begitupula Mei sebanyak 155 penumpang dilayani, bulan juni sebanyak 162 penumpang dan bulan juli sebanyak 172 penumpang.

Sedangkan jumlah penumpang yang datang di bandara Harun Thohir dari pada Februari 10 penumpang, Maret 71 penumpang, April sebanyak 81 penumpang, Mei sebanyak 109 penumpang, Juni sebanyak 102 penumpang dan Juli sebanyak 103 penumpang.

Baca Juga : Garuda dan Citilink Alami Peningkatan Penumpang

Wahyu Siswoyo mengatakan setiap bulan ada peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari bandara Harun Thohir tujuan bandara Juanda Surabaya. Menurutnya adanya penambahan jadwal sebanyak 3 kali dalam seminggu ternyata mendapat sambutan hangat dari warga Pulau Bawean. “Perkembangan sangat signifikan penumpang berangkat dari Pulau Bawean ke Surabaya,”ujarnya.

Perlu diketahui, penerbangan rute bandara Harun Thohir tujuan bandara Juanda dilayani maskapai PT Air Fast Indonesia dengan menggunakan pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas 12 penumpang. Sejak di bangun tahu 200 dan diresmikan oleh Mantan Menteri Perhubungan Jonan pada saat itu bandara harun thohir memiliki panjang landas pacu 930 meter dan lebar 23 meter. Dibangun sejak tahun 2006, Kementerian Perhubungan memberikannya subsidi sebesar Rp 12 miliar selama setahun.

Penerbangan perintis dan berlaku tarif angkutan udara bersubsidi dengan harga tiket, yaitu Surabaya-Bawean Rp 339.200

Bawean-Surabaya Rp 264.200. Sedangkan jadwalnya hari selasa, rabu dan kamis.

 

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *