HEADLINES

Layani 300 Penerbangan, Bandara Kulonprogo Penuhi Aksesibilitas Dengan Kereta Bandara

Jakarta, Airmagz.com – Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo DI Yogyakarta, akan melayani hingga 300 penerbangan setiap harinya. Karena itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat berada di Yogyakarta, Minggu (8/10) menegaskan bahwa bandara baru Yogyakarta, sangat membutuhkan daya dukung aksesibilitas penumpang bandara yakni moda transportasi Kereta Api (KA).

“Bukan angkutan jalan biasa. Keretanya harus siap bersamaan dengan selesainya pembangunan bandara,” kata Budi Karya.

Pembangunan Bandara NYIA tahap pertama seluas 120.000 meter persegi itu akan diselesaikan pada tahun 2019. Pemerintah mengharapkan pada saat itu juga jalur KA bandara sudah selesai dibuat, yakni dari Stasiun Kedundang menuju area terminal bandara, dengan jarak sekitar 7 kilometer. Saat ini sudah dilakukan rancang letak stasiun, studi level tanah, serta perencanaan trase jalur oleh PT KAI.

Budi Karya mengatakan pembebasan lahan untuk jalur kereta menuju bandara akan dilakukan oleh PT Angkasa Pura I dan PT Kereta Api Indonesia.

Dengan adanya jalur kereta menuju bandara itu, mobilitas penumpang dari Yogyakarta ke Temon yang selama ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit bisa dipersingkat.

“Perlintasan sebidang yang ada di sepanjang jalur utama kereta existing bisa dihilangkan agar KA lebih cepat, paling tidak hingga 100 kilometer per jam,” ungkapnya.

Budi mengatakan Lempuyangan jadi pilihan terbaik meski butuh tambahan bangunan baru untuk menampung penumpang.

Hal lain, Budi Karya juga meminta PT Angkasa Pura I untuk tetap mengedepankan kearifan lokal dalam mendesain bandara.

Selain itu, desain yang mencirikan kearifan lokal dan budaya Yogyakarta juga akan menjadikannya unique selling point tersendiri.

“Akan menjadi daya tarik bagi turis dunia untuk datang yang akan menjadikan Yogyakarta destinasi wisata terbesar kedua setelah Bali,” ujarnya.

Budi mengaku dirinya telah dihubungi komunitas seniman Yogyakarta. Mereka meminta agar disain bandara menunjukkan kearifan lokal Yogyakarta.

Maka itu, dirinya menegaskan bahwa hal itu mesti terakomodir ke dalam bandara.

“AP I sudah dua kali mengadakan diskusi tentang desain bandara dan kita minta mereka melakukan pengamatan apa yang bisa dikonsepkan di sini. Mereka sudah memikirkan konsep seperti kampung wisata, saya apresiasi,” kata.

Baca Juga : Angkasa Pura I : Awas Penipuan Lowongan Kerja Bandara Kulonprogo

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *