AIRLINESHEADLINES

Penerbangan Garuda-London Batal, Hanya Karena AC

Jakarta, Airmagz.com – Pesawat Garuda Indonesia GA87 yang sedianya bertolak dari London menuju Jakarta batal terbang. Ada kendala teknis yang berkaitan dengan air conditioner (AC).

Sedianya pesawat tersebut bertolak pada pukul 21.55 waktu London, Rabu (5/12/2017) malam dari bandara Heathrow, London. Pada saat penumpang melakukan check in, sudah ada pemberitahuan bahwa penerbangan delay satu jam.

Baru sekitar pukul 22.20 WIB penumpang diberi tahu untuk menuju gate 42. Proses boarding awalnya berlangsung normal.

Tak ada aktivitas yang menunjukkan tanda-tanda keberangkatan pesawat pasca seluruh penumpang sudah masuk di dalam. Beberapa lama kemudian kopilot memberitahukan bahwa ada masalah teknis yang membuat pesawat belum bisa lepas landas.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Perbaikan teknis AC memakan waktu kurang lebih 30 menit ke depan,” kata kopilot.

30 menit kemudian ada pemberitahuan lagi bahwa perbaikan akan memakan waktu 15 menit lebih lama. Kemudian 15 menit setelahnya tepatnya pukul 00.50 Kamis (6/12) waktu London, ada pengumuman mengenai kepastian batalnya penerbangan.

“Kami sungguh meminta maaf dan menyesal memberitahukan bahwa penerbangan malam ini dibatalkan karena perbaikan belum selesai,” kata petugas Garuda bagian groundhandling menyampaikan pengumuman melalui speaker di pesawat.

Penumpang Diinapkan di Sofitel Heathrow

Petugas tersebut mengatakan penumpang akan diinapkan di hotel. Akan tetapi, barang bawaan yang masuk ke dalam bagasi, tak bisa dibawa keluar lagi. Para penumpang termasuk beberapa di antaranya delegasi Indonesia di International Maritime Organization (IMO) assembly ke-30 keluar dari pesawat dan menuju ke bus yang akan membawa ke hotel.

Pukul 02.40 waktu setempat hampir seluruh penumpang diproses untuk dapat menginap di Hotel Sofitel yang ada di kompleks bandara Heathrow. Proses pemindahan penumpang dari pesawat menuju hotel berjalan dengan cepat dan lancar. Petugas Garuda mengatakan, dalam waktu dekat akan diberitahukan mengenai kapan pemberangkatan pesawat.

Kejadian ini sudah diketahui oleh manajemen Garuda di Jakarta. Mereka belum bisa membuat pernyataan terkait kejadian ini karena masih berkoordinasi dengan petugas di London. (IMN/Detik.com)

Baca Juga : Penerbangan Garuda Indonesia Banyak Tertunda

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *