AIRLINESAIRPORT

Cuaca Ekstrem Terjang Kalimantan, Penerbangan Masih Lancar

Jakarta, Airmagz.com – Kepala Bandara Rahadi Oesman Ketapang, Suardoyo mengungkapkan hingga saat ini penerbangan di bandaranya masih lancar. Meskipun beberapa hari terakhir Ketapang sering dilanda hujan disertai angin kencang.

“Meski kondisi hujan disertai angin kencang sejak beberapa hari terakhir di Ketapang. Tapi tidak membuat penerbangan dari Bandara Rahadi Oesman Ketapang terganggu,” katanya kepada awak media di Ketapang, Rabu (6/12/2017).

Ia mencontohkan misalnya rute penerbangan Ketapang ke Bandara Supadio Pontianak atau sebaliknya kondisinya masih lancar. Lantaran jarak pandang untuk penerbangan masih dalam tahap aman yakni seribu meter. Sehingga maskapai atau pesawat masih tergolong aman untuk melakukan pendaratan atau penerbangan di Bandara Ketapang.

“Jadi kondisi cuaca akhir-akhir ini belum berpengaruh pada penerbangan di Ketapang,” ungkapnya.

Ia menambahkan meski masalah prediksi cuaca merupakan ranah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Namun menurutnya secara umum di wilayah Kalimantan Barat termasuk Ketapang sudah dipreksi. Bahwa mulai awal hingga akhir Desember 2017 nanti diprediksi terjadi musim hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sebab itu jika kedepan terjadi cuaca yang tak memungkinkan untuk masakapai melakukan penerbangan.

Ia berharap masyarakat bisa memakluminya dan bersabar hingga memungkinkan maskapai untuk melakukan perbangan. Hal tersebut lantaran pihaknya dan semua maskapai tentu harus memberikan pelayanan kenyaman.

Serta mengutamakan keselamatan semua khususnya penumpang. “Jadi apabila terjadi perubahan cuaca dan menganggu penerbangan. Maka kita juga akan mengshare langsung informasi itu ke masing-masing maskapai,” tuturnya.

“Tujuan kita demi menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Tapi hingga sekarang untuk penerbangan di Ketapang masih dalam tahapan wajar. Kalau pun ada  keterlambatan karena cuaca paling setengah jam dan itu hal biasa,” lanjutnya. (IMN/TribunPontianak)

 

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *