Penumpang Menyebalkan Seperti Apa Saja Sich?

Jakarta, Airmagz.com – Terbang menggunakan pesawat tidak selalu menyenangkan. Tingkah laku para penumpang yang tidak sopan sungguh menyebalkan. Mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal etiket tentang bagaimana bertenggang rasa dengan orang lain di tempat yang sempit di ketinggian ratusan meter di atas permukaan tanah.

Situs perjalanan Expedia akhir tahun lalu menerbitkan daftar jenis-jenis penumpang pesawat terbang yang paling menyebalkan sebagai bagian dari Airplane Etiquette Study.

Airplane Etiquette Study yang dilakukan oleh Expedia ini melibatkan 1.019 penumpang dewasa di Amerika Serikat yang diwawancarai secara acak

Berikut ini adalah 10 jenis penumpang paling menyebalkan yang dirilis oleh Expedia

1. Si penendang bangku depan

Penumpang yang dengan seenaknya meletakkan dengkul atau telapak sepatunya di bangku yang ada di depannya sungguh amat menyebalkan. Mereka tidak mengetahui bahwa perilakunya itu akan membuat penumpang yang duduk di bangku depannya itu tidak nyaman.

Solusinya: segera tegurlah dengan sopan. Seandainya dia tidak mau mengubah perilaku yang menyebalkan itu, mintalah kru pesawat untuk menegurnya.

2. Orang tua yang tidak bisa mengatur anak-anaknya

Pergi bersama dengan seluruh anggota keluarga memang mengasiyikkan. Tapi, jika orang tua tidak bisa mengatur perilaku anak-anak mereka yang masih kecil, tentu akan mengganggu penumpang lainnya. Anak yang berteriak-teriak minta camilan, bersendau-gurau ketika pesawat akan lepas landas, berpindah dari satu tempat duduk ke tempat duduk lainnya adalah contoh perilaku yang membuat penumpang lain jengah.

Solusinya: tutup mata dan pasang headphone untuk mendengarkan musik. Kru pesawat pasti akan menegur mereka.

3. Si bau

Barang bawaan yang berat, lokasi terminal yang jauh dan udara yang panas membuat orang berkeringat. Sayangnya, ada beberapa jenis orang yang keringatnya sungguh bau. Saat mereka masuk ke dalam pesawat yang ruangannya sempit bersama dengan puluhan orang lainnya, bau keringat itu sungguh menyebalkan. Celakanya, orang bau tengik itu duduk di sebelah Anda!

Solusinya: mintalah tisu basah kepada pramugari untuk melawan bau tidak sedap yang ada di sebelah Anda.

4. Si pendengar musik

Apa enaknya mendengarkan musik lewat headphone dengan suara yang super keras? Mungkin memang tidak menyenangkan. Namun, ternyata masih ada orang yang bisa menikmatinya. Sayangnya, jika suara itu mengganggu penumpang lain yang ada di sebelahnya tentu saja itu tidak sopan.

Solusinya: tegurlah orang yang menggunakan headphone dengan suara yang terlalu keras. Jangan-jangan dia juga tidak menyadari suara dari headphonenya bocor ke luar.

5. Si pemabuk

Ada kalanya penumpang yang baru saja berpesta tiba-tiba masuk ke dalam pesawat. Dengan setengah sadar mereka bisa menemukan bangku dan kemudian duduk. Inilah penumpang yang akan meracau sepanjang perjalanan akibat pengaruh alkohol yang belum hilang. Lebih menyebalkan lagi jika bau alkohol masih menyeruak dari mulut mereka.

Solusinya: jangan hiraukan orang yang seperti ini.

6. Si tukang ngoceh

Penumpang yang tidak henti-hentinya ngobrol dengan suara keras sepanjang perjalanan benar-benar menyebalkan. Apalagi jika orang yang diajak ngobrol tidak berada di sebelahnya. Lebih menyebalkan lagi jika bahasa yang mereka gunakan tidak Anda pahami.

Solusinya: Pasang headphone dan tutup mata. Suara mereka akan hilang dan bayangkan Anda sedang naik pesawat jet pribadi.

7. Si pembawa barang

Demi menghemat biaya, ada penumpang yang dengan susah payah membawa sederet tas koper dan berbagai barang lainnya masuk ke dalam pesawat. Ruang yang sempit tentu akan menyulitkan mereka saat mengatur barang.

Solusinya: biarkan kru pesawat yang akan menangani mereka yang membawa barang terlalu banyak.

8. Si penyerobot antrean

Setelah pesawat mendarat, orang bergegas mengumpulkan barang mereka dan berniat turun. Tiba-tiba si penyerobot antrean mendesak penumpang yang sudah berbaris di lorong pesawat seolah-olah dia adalah orang yang paling penting di dunia. Sangat menyebalkan mendapati tingkah penyerobot antrean yang tidak mengenal tata krama.

Solusinya: minggirlah dan duduk kembali di tempat duduk yang kosong. Tidak ada gunanya bersitegang dengan orang yang tidak punya sopan santun.

9. Si ceroboh yang suka menyandarkan kursi

Entah karena tidak menyadari bahwa pesawat adalah ruang terbatas yang sempit, atau memang dia benar-benar tidak peduli. Orang yang dengan seenaknya menyandarkan kursi pesawat ke posisi tidur sehingga orang di belakangnya tidak bisa menggunakan tatakan untuk meletakkan makanan, sungguh menyebalkan.

Solusinya: tegurlah dengan sopan agar dia tidak menyandarkan kursi sepanjang perjalanan. Jika teguran tidak mempan, laporkan kepada pramugari.

10. Si penguasa bagasi

Seharusnya masing-masing penumpang meletakkan barang bawaannya di bagasi bagian atas tempat duduknya. Namun ternyata ada pula orang yang meletakkan tas dan barang bawaannya di tempat lain. Akibatnya, penumpang lain kebingungan mencari tempat meletakkan barang.

Solusinya: laporkan kepada pramugari untuk memindahkan barang-barang itu.

Demikianlah, naik pesawat terbang ternyata bisa menjadi sebuah ujian kesabaran bila menemukan situasi yang menyebalkan. Apalagi jika Anda menemukan bahwa penumpang di sekitar tempat duduk Anda tidak menjaga etiket dengan baik sehingga mengganggu penumpang lain.

Meskipun Anda tidak memiliki kendali secara penuh terhadap lingkungan di dalam kabin atau pilihan teman duduk di dekat kursi Anda, namun Anda bisa mengontrol diri Anda dalam bereaksi menghadapi kesulitan-kesulitan yang ada.

Kesabaran, kesopanan, fleksibilitas, dan rasa humor akan membantu Anda tidak merasa terlalu stres berhadapan penumpang lain yang menyebalkan di pesawat terbang. (IMN/Beritagar.id)