Airlines Roadshow Menpar Kini Sambangi Angkasa Pura I

Jakarta, Airmagz.com – Menpar kembali melanjutkan Airlines Roadshow untuk meningkatkan kekurangan seat capacity sebesar 1,1 juta untuk mencapai target 17 juta wisman pada tahun 2018. Kali ini Menpar mendatangi Kantor Pusat Angkasa Pura 1 di Jakarta, dan langsung ditemui oleh Direktur Utama AP1 Bapak Faik Fahmi yang didampingi seluruh Direksi AP1.

Menpar mendorong AP1 untuk mendukung upaya penambahan seat capacity sebesar 600.000 yang di bawah kewenangan AP1.

Menpar juga menekankan agar AP1 mau tidak mau harus bersiap untuk menjadi host Annual Meeting IMF-WB di Bali pada Oktober 2018, karena perhari kedatangan penumpang di Bali bisa mencapai 25.000.

Menpar juga berharap AP1 ikut urunan dalam program Hot Deal Visit Wonderful Indonesia, bersama dengan airlines, akomodasi, dll. dengan memanfaatkan excess capacity untuk dijual secara paket.

Menpar juga mendorong Marketing AP1 untuk memanfaatkan Calendar of Events, khususnya Top 100 Wonderful Events.

Komitmen tambahan 2 Juta Seat Capacity dari Angkasa Pura 1 untuk tahun 2018!

Untuk meraih kunjungan 17 jt wisman di 2018 perlu pertumbuhan YoY minimal 22%. Tidak bisa mengandalkan bandara selain DPS dan CGK, karena kontribusinya hanya 10%. Bahkan pintu masuk bandara DPS diharapkan bisa tumbuh > 22%.

Maka dari itu, perlu pengembangan kapasitas bandara DPS agar tersedia tambahan slot untuk penambahan frekuensi maupun rute baru.

Jumlah int’l seats capacity baru yg harus dibangun di DPS di th.2018 minimal 600.000 seats; setara dengan penambahan 5 WB (Wide Body) daily + 5 NB (Narrow Body) daily.

Untuk Trafik int’l di bandara MDC, LOP dan JOG yang tumbuh cukup tinggi di 2017, maka Bandara di luar DPS seperti MDC, LOP perlu segera diantisipasi kapasitasnya agar bisa tetap tumbuh.

Airlines memerlukan stimulus untuk mengembangkan network-nya, maka dari itu AP1 diharapkan turut mendukung paket insentif bersama, untuk mendorong pengembangan rute airlines.

Tourist Information Center (TIC) yang standar perlu didirikan di setiap bandara, AP1 diharapkan ikut mengembangkan TIC sesuai prototype di T3 bandara SHIA CGK.

Ada jutaan calon wisman kunjungan Incentive Tour Pemerintah China melalui Charter EBTC (Korpri nya China), maka perlu perlu extra-effort AP1 untuk menyiapkan slot untuk charter EBTC, di luar tambahan slot yang baru.

Hal lainnya seperti Unutilized Slot yang diblok Airlines juga harus dihilangkan, karena hanya merugikan. Operating hours bandara sebaiknya diperpanjang.

Dirut AP 1 Bapak Faik Fahmi berjanji akan mengatasi berbagai hal tersebut dan berkomitmen mendukung penambahan seat capacity untuk mencapai 17 juta wisman tahun 2018. Dirut AP1 optimis target tersebut akan tercapai!

Insentif AP1 antara lain diskon landing fee hingga 100% untuk new routes/flights, free material promo for airport, and incentives for pax growth.

AP1 menyatakan, mulai September 2018, pergerakan pesawat per jam di Bandara Ngurah Rai Bali akan ditingkatkan menjadi 33 kali!

AP1 berkomitmen mulai tahun depan dapat menambah 2 juta seat capacity. (IMN)

You might also like