Tips Menghadapi Serangan Pacet Saat Kemping

Anda pernah digigit pacet? Binatang pengisap darah ini biasanya hidup di hutan dan semak-semak yang basah atau lembab. Vampire kecil kecokelat-cokelatan yang mirip dengan cacing ini biasanya menempel di ujung-ujung daun atau semak sambil menunggu “mangsanya”. Ketika mangsa melintas, pacet akan melompat dan menempel pada kulit si mangsa tadi.

Saat menyedot darah dan belum kenyang, pacet akan terus menyedot darah sang korban. Meskipun gigitannya tidak menimbulkan rasa sakit dan dampaknya pun tidak terlalu berbahaya, keberadaan mahluk licin yang satu ini kerap membuat para pendaki gunung atau peserta kemping ketar-ketir.

Berikut ini beberapa tips menghindari serangan pacet dan cara-cara melepaskan hewan berlendir ini bila telanjur menempel di kulit tubuh Anda.

Gunakan sepatu dan gaiter

Gunakan sepatu yang menutup semua bagian telapak kaki Anda. Kalau perlu, gunakan pula gaiter (penutup bagian betis) yang waterproof dan berbahan parasut atau berbahan taslan agar tidak bisa ditembus pacet.

Gunakan celana stretch

Gunakan celana stretch atau celana yang menempel ketat dengan kulit. Pacet tidak bisa menembus celana yang berbahan nylon dan berpori-pori rapat.

Gunakan air garam

Baluri air garam ke area kaki dan tangan untuk menghindari serangan pacet. Bila pacet telanjur menempel, siram air garam ke area kulit yang dihinggapi pacet.

Gunakan balsem

Oleskan balsem ke area kulit yang ditempeli pacet karena pacet tidak menyukai rasa mint dan aroma balsem. 

Gunakan tembakau

Untuk mencegah dihinggapi pacet, campurkan tembakau dengan air dalam sebuah botol plastik, lalu oleskan ke bagian kulit. Tapi kalau pacetnya telanjur menempel di kulit, siram air campuran tadi ke area kulit yang ditempeli pacet hingga pacet jatuh.

Gunakan bedak

Gunakan bedak yang biasa dipakai untuk mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat. Bubuhkan bedak ke sekitar kulit karena pacet tidak menyukai aroma bedak.

Gunakan lotion anti nyamuk

Oleskan lotion anti nyamuk pada kulit agar pacet tidak berani mendekat.

Gunakan minyak kayu putih

Oleskan atau siram minyak kayu putih ke area kulit yang dihinggapi pacet. Lama-lama pacet akan melepaskan gigitannya dan jatuh.

Gunakan api atau bara puntung rokok

Guesehat.com

Sundut pacet dengan korek api yang menyala atau bara puntung rokok. Tapi Anda harus hati-hati saat melakukannya. Jangan sampai kulit Anda yang malah tersundut.

Jangan jadi orang pertama dan terakhir

Pacet akan menyerang orang pertama sampai orang keempat di satu kelompok yang menerobos hutan. Selain itu, orang paling belakang juga biasanya menjadi sasaran pacet. Jadi, jangan jadi orang pertama atau terakhir saat melintasi hutan atau semak.

Jangan duduk di tanah

Usahakan jangan berhenti lama atau duduk langsung di atas tanah di area atau jalur yang banyak pacetnya. (BD)

You might also like