KNKT Download Black Box Batik dan TransNusa

Jakarta, Airmagz.com — Masing-masing black box (rekaman data pesawat) dari kedua pesawat yang bersenggolan di runway Bandara Halim Perdanakusuma telah diamankan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan tindakan penyelidikan.

KNKT saat ini dalam tahap pengumpulan data termasuk mengumpulkan black box (perangkat perekam data penerbangan yang disebut flight data recorder; FDR dan perekam suara kokpit atau cockpit voice recorder; CVR) yang ada di kedua pesawat.

Selanjutnya akan men-download isi black box untuk mengetahui data-data yang ada di kedua pesawat nahas tersebut. Juga meminta keterangan dari petugas Bandara Halim Perdanakusuma. Selain itu, juga akan memanggil pihak dari pesawat Batik Air dan Transnusa, termasuk perusahaan ground handling.

“Semua yang terlibat, termasuk ground handling-nya. Terus juga ada mekanik yang ikut di pesawat, soal prosedur taxi dan yang dilaksanakan seperti apa. Ada yang berbeda nggak dengan prosedur dengan pelaksanannya, termasuk dengan pabrik pesawat kita akan periksa,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Sebelumnya diberitakan, pesawat Batik Air mengalami rusak dan terbakar di bagian wingtip akibat bersinggungan dengan pesawat Transnusa jenis ATR yang mengalami rusak parah di stabilisator vertikal atau fins sirip belakang, termasuk di bagian mesin pada Senin (4/4/2016) sekitar pukul 19.55 WIB di landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

 

Share :
You might also like