Alami Kerugian, Cathay Pacific Airways Pangkas 600 Pekerjanya

Jakarta, Airmagz.com – Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Ltd akan melakukan perampingan karyawan dengan memangkas 600 posisi pekerjaan.Upaya ini menjadi perampingan terbesar yang dilakukan maskapai tersebut dalam 20 tahun terakhir. Cathay mengalami kerugian pertama dalam delapan tahun.

Nantinya pegawai yang akan mendapatkan kebijakan perampingan tersebut akan diumumkan kemudian dan pada bulan depan. Sebagian besar proses restrukturisasi akan diselesaikan pada akhir tahun ini, menurut pernyataan Cathay pada Selasa (23/5) seperti dikutip dari Bloomberg.

Untuk saat ini, tidak ada pegawai frontline, pilot, maupun kru kabin yang terdampak. Per Juni 2016, Cathay dan maskapai afiliasinya mempekerjakan sekitar 33.000 orang pegawai.

Walaupun ada lonjakan permintaan perjalanan udara di Asia, Cathay dan Singapore Airlines Ltd adalah beberapa maskapai premium di kawasan yang harus menghadapi persaingan ketat dengan maskapai penerbangan murah, maskapai penerbangan China, maupun maskapai penerbangan Timur Tengah.

Sebelumnya, Singapore Airlines mengumumkan kerugian. Karenanya, Singapore Airlines menyatakan bakal meninjau kembali bisnisnya. “Semua orang semakin cemas. Agar bisa bertahan, mereka (maskapai) harus mengontrol biaya. Saya rasa ini adalah permulaan,” kata Andrew Lee, analis di Jefferies di Hongkong.

Cathay juga menyatakan bakal melakukan restrukturisasi pada departemen kargo. Cara yang akan ditempuh adalah dengan menghilangkan posisi direktur kargo. Saham Cathay menguat 3,7 persen pada posisi 11,74 dollar Hongkong pada perdagangan Senin. Sejak awal tahun 2017, saham maskapai tersebut sudah menguat 14 persen.

Baca Juga :

Share :
You might also like