Viral, Pilot Lion Air Diduga Membawa Istri dan Anaknya Ke Kokpit Pesawat

Jakarta, Airmagz.com – Seorang Pilot Lion Air diduga menyalahi aturan dengan mengizinkan istri dan anaknya masuk ke dalam kokpit pesawat yang sedang terbang

Kejadian ini menjadi viral saat akun facebook Citra Rienanti mengunggah pengalamannya menggunakan maskapai Lion dengan rute penerbangan Bali ke Jakarta, pada tanggal 23 Mei 2017.

Ia menuliskan keresahannya terhadap pilot yang diduga membawa istri dan anaknya masuk ke dalam kokpit pesawat dalam penerbangan karena menyalahi SOP untuk area kokpit yang seharusnya steril dari penumpang.

“…………Kejanggalan terjadi ketika saya melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E yaitu seorang ibu muda beserta putranya yang berusia mungkin sekitar 3 th an untuk meninggalkan bangku yang mereka tempati. Dikarenakan jarak saya duduk dengan mereka lumayan dekat, jadi saya sempat mendengar perkataan pramugari, kira-kira begini ‘Bu, Bapak ingin bertemu’ dan segera direspon oleh si ibu muda ‘oh, sudah bisa ya?’ sepertinya hal ini bukan pertama kali terjadi dan merupakan ‘rutinitas’. Saya masih belum berburuk sangka, mungkin saya kira si ibu membawa putra nya untuk mengganti popok atau urusan di kamar kecil lainnya,” tulis Citra Rienanti dalam status facebooknya.

Citra Rienanti sebagai salah satu penumpang dalam pesawat tersebut mencoba memberanikan diri untuk menanyakan kebenaran apa yang ia dengar kepada pramugari. Karena, menurut ia kalau memang terjadi kejadian tersebut maka menyalahi SOP dalam penerbangan.

“…….Lalu saya pura-pura masuk ke toilet walau tidak ada maksud apa pun selain memeriksa keberadaan si ibu dan putranya. Lalu tidak lama kemudian saya keluar dari toilet dan bertanya pada salah satu pramugari ‘mba, ibu sama anak yang di bangku depan tadi (sambil menunjuk bangku yang kosong) kemana ya?’. Si pramugari gelagapan menjawab ‘hmmm.. Itu lagi ketemu suaminya di kokpit.’ lalu saya lanjutkan pertanyaan lagi ’emang boleh yah ke kokpit? Bawa anak pula yang usianya masi balita? Apa tidak membahayakan para penumpang? Ada sekitar 214 penumpang loh mba yang ada di pesawat ini.’ Makin grogi si pramugari menjawab ‘perintah captain bu. Itu keluarganya’. Saya mendengar jawaban pramugari tadi merasa tidak puas dan saya bilang ‘saya orang awam tapi setau saya, tidak ada yang boleh masuk ke kokpit selain kru pesawat (sambil menunjukkan tulisan larangan memasuki kokpit yang jelas tertera di pintu depan kokpit) dan saya minta mba kasih tau sama pilotnya yah sebelum hal ini saya share kepada penumpang lainnya,” tambahnya dalam unggahannya.

Dengan respon pramugari seperti itu, Citra Rienanti mencoba mencari penjelasan terhadap pilot pesawat yang merupakan suami dari istri dan anak yang masuk kokpit. Ia menunggu hingga pilot tersebut keluar. Dan, ia juga tidak lupa mengambil gambar sebagai bukti.

“…..Sontak kami kaget dengan jawaban si pilot yang menjawab dengan tenang bahwa boleh ke kokpit atas ijin captain dan cuaca sedang cerah. Dan bahkan si captain pun secara eksplisit menawarkan jika suatu saat kami (saya dan suami) terbang menggunakan Lion Air lagi dan si captain (Dimas Rio)yang memimpin penerbangan maka kami pun bisa ‘mampir’ ke kokpit. Lalu suami saya menanyakan SOP nya apakah seperti itu? Dan jika suatu saat ada penumpang yang mengetuk pintu kokpit dan ingin masuk berarti diperbolehkan. Si captain mengiyakan dan demikian juga si istri yang masih dengan penuh emosi menambahkan ‘saya kan ga ngapa-ngapain. Kok kalian yang sibuk urusin saya? Apa salahnya saya masuk ke kokpit’. Bukti percakapan ini pun sebagian saya rekam walau tidak full dikarenakan si istri captain yang masih beringasan (saya pikir dari pada nanti kehamilan saya terganggu dan membahayakan anak dalam kandungan saya, lebih baik saya matikan saja sistem rekam di hape saya),” tuis Citra dalam statusnya ketika mendapat jawaban dari pilot Lion Air.

Atas unggahan Citra di Facebook sudah dibagikan sebanyak 8,511 kali, pada hari Rabu (24/05) dengan respon dari netizen yang marah atas sikap dari pilot Lion Air yang tidak bersikap profesional.

Baca Juga : Alami Pecah Ban, Lion Air Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Share :
You might also like