Personil Pesawat Udara Kini Bisa Urus Lisensi Secara Online

Jakarta, Airmagz.com – Grand launching perizinan online personil pesawat udara telah resmi dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan pada Rabu (13/4) di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Guna memangkas waktu penerbitan lisensi yang umumnya memakan waktu 10 hari kerja, Kementerian Perhubungan meluncurkan perizinan online bagi para kru pesawat udara. Perizinan online tersebut dikhususkan bagi para pilot, pramugari, dan FOO (Flight Operation Officer).

Dilansir dari okezone.com, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo mengatakan, “Dalam proses, perlu penerbitan lisensi yang umumnya membutuhkan waktu 10 hari kerja dan pembaharuan mencapai tiga hari. Dengan aplikasi ini, jadi dua hari penerbitan inisial lisensi dan 1 hari pembaharuan,” ujar Suprasetyo.

Selanjutnya, Suprasetyo menyebut saat ini terdapat sebanyak 7.400 pilot, 1.800 FOO, 8.400 cabin crew, dan 1.062 pesawat. Menurutnya, proses lisensi manual itu memakan waktu. Akan tetapi, dengan adanya aplikasi yang memudahkan hanya butuh dua hari pengajuan dan satu hari pengajuan perpanjangan.

Sistem online ini diharapkan dapat mudah diakses dengan cepat. Sehingga para personil operasi pesawat udara tidak perlu menunggu lama dalam antrean untuk mengurus lisensi mulai dari pendaftaran, ujian, dan pengumuman kelulusan.

Share :
You might also like