Pilot Perempuan Pertama Dunia Ternyata Pernah Mendaratkan Pesawatnya di Bandung

Jakarta, Airmagz.com – Amelia Earhart, pilot perempuan pertama yang mengelilingi bumi pada 1937, ternyata pernah mendarat dan singgah di Bandung.Delapan puluh tahun kemudian, jejaknya diikuti pilot asal Amerika Serikat, Brian Lloyd (62), yang juga mendaratkan pesawatnya untuk beristirahat sementara di Bandung, Jumat (30/6).

Brian memutar Pesawat Mooney yang dikendalikannya sampai beberapa kali di atas Waduk Saguling, menunggu jadwalnya mendarat di Bandara Husein Sastranegara.Beberapa saat kemudian, di tengah jadwal penerbangan komersial dan militer yang padat di bandara itu, Brian pesawat buatan 1979 tersebut mendarat mulus di atas Tanah Priangan.

Sedangkan Rute penerbangan Brian Lloyd menapaktilasi penerbangan Amelia Earhart, perempuan pertama yang terbang keliling dunia. Rute penerbangan Brian Lloyd menapaktilasi penerbangan Amelia Earhart, perempuan pertama yang terbang keliling dunia.

Brian pun kemudian diantar para anggota Federasi Aero Sport Seluruh Indonesia (FASI) dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) ke Gedung Sate untuk mengadakan pertemuan dengan para anggotanya dan wartawan. Saat memasuki Aula Barat Gedung Sate, ia terpukau pada kemegahan dan arsitektur gedung warisan Pemerintah Hindia Belanda itu.

Untuk kesekian kalinya, Brian mengomentari detail interior Gedung Sate sebelum menuju tempat duduk untuk memberikan konferensi pers. Brian mengatakan merencanakan perjalanan untuk napak tilas jejak penerbangan Amelia Earheart sejak 30 tahun lalu bersama ayahnya.

Namun, ayahnya meninggal dunia dan ia pun melakukan penerbangan tersebut sendirian, hanya bersama bahan bakar cadangan dan barang-barang kebutuhan perjalanannya. Setelah persiapan selama setahun, termasuk urusan perizinan penerbangan dan visa, Brian terbang dari Florida di Amerika Serikat pada 1 Juni 2017.

Brian terbang menuju US Virgin Island, kemudian ke Dominika, Trinidad dan Tobago, Suriname, Brazil, melewati Samudra Atlantik menuju Senegal, dilanjutkan ke Sudan, Oman, Pakistan, India, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Singapura, dan mendaratlah di Bandung.

“Perjalanan ini untuk mengikuti jejak tokoh penerbangan perempuan paling terkenal, Amelia Earhart. Untuk memberikan inspirasi kepada para generasi muda, sekaligus membuat generasi muda menghargai tokoh-tokoh dan pioner-pioner terdahulu,” kata Brian dalam konferensi persnya di Gedung Sate.

Amelia Earhart dan pesawatnya hilang perjalanannya ke Papua Nugini. Hingga kini, penyebab kehilangan Amelia Earhart hanya beberapa hari setelah keberangkatan dari Bandung itu masih menjadi misteri.

Baca Juga : Kisah Petualangan Pilot Perempuan Pertama Indonesia di Komikkan

Share :
You might also like