Budi Karya Sumadi: Bangun Level of Service AP II dengan Pola Seni

Jakarta, Airmagz.com — Level of service (tingkat pelayanan) merupakan hal urgensi dalam membangun sebuah fasilitas publik yang baik, termasuk bandara. Merancang bandara ke arah itu adalah fokus yang harus di kejar di era modernisasi sekarang ini. Itulah yang menjadi fokus kerja PT Angkasa Pura II (AP).

Level of service itu saya mau orang tahu dinilai memang benar dinilai. Karena kalau dinilai oleh orang yang tidak mempunyai kapasitas susah juga. Jadi, pola kita adalah menunjuk seniman,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi kepada Airmagz di kompleks Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Menunjuk seniman, lanjutnya, akan tetapi seniman itu membuat desain tidak boleh bergeser dari semestinya. Selain itu, ada juga pola dimana seniman diberi keleluasaan berekspresi, sehingga akhirnya menghasilkan kerja sama yang berdaya guna.

“Jadi, secara model bisnis saya pikir command-lah (wajar). Sama dengan di negara-negara maju ataupun di sini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo memandang bahwa pelayanan bandara sejauh ini belum optimal dikarenakan kondisi bandara masih over kapasitas.

“Dari pandangan lembaga konsumen, kalau bandara over capacity tidak mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen,” ujarnya.

Share :
You might also like