4 Tips Agar Tak Tersesat Saat Haji

Jakarta, Airmagz- Musim haji akan segera tiba, mulai tanggal 28 Juni para calon jamaah haji asal Indonesia akan tiba di tanah suci. Namun, selalu menjadi kendala untuk calon jamaah haji asal Indonesia yakni umur yang berangkat haji rata-rata sudah memasuki usia senja. Tentu  akan mengalami kesulitan untuk menghapal beberapa tempat saat haji karena banyaknya manusia yang berkumpul. Ada baiknya Anda baca tips berikut ini untuk menghindar tersesatnya saat melakukan prosesi haji.

Pertama, ketika Anda tiba di suatu tempat kenali dulu sekeliling tempat tersebut, misalnya, gedung hotel, pintu masuk, atau memberi tanda lainnya yang memudahkan. Bila perlu foto  untuk mengingat jalan pulang.

Kedua, jangan lupa membawa kartu identitas yang biasa disimpan tas dan gelang haji saat prosesi haji. Dan, masukan juga kartu maktab dan kartu bus agar bila tersesat bisa menunjukkan kepada petugas sehingga memudahkan jalan pulang.

Ketiga, hati-hati terhadap arus manusia yang ada pada saat prosesi haji karena Anda bisa terbawa ke bukan tempat tujuan Anda. Ingat ketika sudah terbawa jangan sampai panik. Tetap tenang, lihat kondisi sekitar dan hubungi petugas yang ada.

Keempat, catat nomor ketua regu, ketua rombongan dan ketuga kloter agar bisa menghubungi bila suatu saat nanti tersesat.

Share :
You might also like