Pesawat Tempur F-18 Hornet Milik AS Kecelakaan di Bandara Bahrain

Jakarta, Airmagz.com – Pesawat tempur F-18 Hornet milik Amerika Serikat mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Bahrain, setelah diketahui ada gangguan pada mesin pesawat yang mengakibatkan pesawat tersebut harus mendarat keras di landasan pacu bandara tersebut, akibatnya seluruh aktifitas penerbangan di bandara Bahrain mengalami kekacauan luar biasa.

Pilot F-18 berhasil selamat setelah dikeluarkan dari pesawat tak lama setelah pesawat tempur itu lepas landas dari landasan pacu.

Sejumlah foto yang dirilis media setempat menunjukkan hidung pesawat jet tempur warna abu-abu itu mengarah ke udara, namun kondisi sebagian besar pesawat masih utuh.

Juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS Bill Urban, mengatakan, jet tempur F-18 berangkat dari USS Nimitz, sebuah kapal induk yang sekarang berada di Teluk Persia. Saat dalam penerbangan, kata Urban, pesawat itu mengalami kerusakan mesin dan memaksa pilot untuk mengalihkan penerbangannya.

Pilot tersebut awalnya mencoba mendarat di Pangkalan Udara Sheikh Isa di Bahrain, namun terpaksa harus mengalihkannya ke bandara komersial.

”Karena mengalami kerusakan, pesawat tidak bisa dihentikan di landasan pacu dan pilot dikeluarkan dari pesawat,” kata Urban dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari IB Times, Minggu (13/8/2017).

Pejabat Angkatan Laut AS memulai penyelidikan atas kecelakaan tersebut dan mencoba untuk membantu operasi bandara di Bahrain kembali normal.

Kementerian Transportasi dan Telekomunikasi Bahrain menyebut kecelakaan itu sebagai “insiden kecil”. Penerbangan di bandara kembali normal setelah beberapa jam mengalami kekacauan.

Bahrain menjadi tuan rumah 8.000 tentara AS yang mayoritas marinir yang beroperasi di sebuah wilayah yang luas disebut dengan “Naval Support Activity”. Pangkalan tersebut mengawasi sekitar 20 kapal Angkatan Laut AS dan koalisi di Teluk yang menyediakan keamanan dan menjalankan patroli anti -pembajakan.

Website untuk Bandara Internasional Bahrain menunjukkan sejumlah besar penerbangan sempat dialihkan. Seorang pengguna Twitter, dengan nama ”M.Cool”, menerbitkan sebuah video tentang kecelakaan itu. ”Bandara Bahrain sekarang ditutup karena F-18 menabrak aspal,” tulis pengguna Twitter itu dalam video yang dia unggah.

Baca Juga : Pesawat Tempur Indonesia Bantu Pantau Kebakaran Lahan di Riau

Share :
You might also like