Rute Kupang – Dili – Darwin Belum Final, Menhub Kaji Ulang

Jakarta, Airmagz.com – Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan mengkaji pembukaan rute penerbangan internasional Kupang (Nusa Tenggara Timur) – Dili (Timor Leste) – Darwin (Australia). Pengoperasian rute tersebut diperkirakan mempercepat lalu lintas penumpang dan ekspor ikan dari Ibu Kota NTT itu ke Timur Leste maupun Negeri Kangguru.

“Kami akan memastikan terlebih dahulu pembukaan rute penerbangan itu. Kami akan segera melakukan survei mulai dari logistiknya dan juga penumpangnya,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Minggu (10/9).

Hal itu disampaikan Budi untuk menanggapi permintaan Gubernur Provinsi NTT Frans Lebu Raya. Frans mengharapkan, agar rute penerbangan Kupang- Dili- Darwin segera dibuka kembali. Menurut dia, rute penerbangan tersebut sempat beroperasi dan cukup diminati pada dasawarsa 1990-an.

Namun demikian, Budi Karya menyatakan, sambil menunggu kajian pembukaan rute yang dimaksud rampung, Pemerintah Provinsi NTT sebaiknya juga melaksanakan konsolidasi barang-barang hasil daerah. Hal itu guna memastikan ketersediaan jumlah ikan maupun komoditas lain yang bisa dikirim dari Kupang ataupun daerah-daerah lain di NTT, ke luar pulau atau luar negeri. Untuk diketahui, distribusi komoditas dari Kupang ke wilayah lain di dalam negeri, dapat memanfaatkan kapal tol laut.

“Tahap pertama kita akan buat pengiriman ikan dan barang-barang, tujuannya ke Jakarta dulu dan Surabaya. Dengan demikian, pergerakan barang -barang terutama angkutan balik tol laut itu terisi karena selama ini isinya penumpang. Nanti, kalau ikan besar-besar kita kirim ke luar negeri,” ungkap Budi Karya.

Sementara itu, Frans Lebu Raya menyampaikan, apresiasi kepada Budi Karya yang terus berupaya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan perekonomian dan konektivitas di provinsinya.

Baca Juga : Menhub : Fasilitas Bandara D.C Saudale Rote Sudah Cukup Baik

Share :
You might also like