Diduga Dapat Ancaman, Pesawat RyanAir Dapat Pengawalan Jet Tempur

Jakarta, Airmagz.com – Perjalanan pesawat milik maskapai asal Irlandia, Ryanair, yang terbang dari Lithuania menuju Luton, Inggris, dicegat oleh otoritas Inggris. Laju pesawat tersebut dihentikan oleh pesawat tempur Royal Air Force (RAF) dan kemudian dikawal untuk segera mendarat di bandara terdekat.

Pesawat itu kemudian mendarat dengan selamat di Stansed. Hal ini dilakukan oleh otoritas Inggris menyusul adanya ancaman bahaya terhadap pesawat tersebut.

“Kami mengonfirmasi bahwa pesawat Quick Reaction Alert Typhoon diluncurkan pagi ini dari RAF Coningsby untuk mencegat sebuah pesawat sipil. Pesawat tersebut dikawal dengan aman ke Bandara Stansted. Pesawat Typhoon diberi wewenang untuk menghentikan penerbangan karena alasan operasional menyusul ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang,” ujar seorang juru bicara RAF.

Selama proses pemeriksaan berlangsung, landasan pacu bandara diketahui sempat ditutup untuk sementara waktu pascapesawat mendarat pada pukul 08.55 pagi waktu setempat. Hasil pemeriksaan pesawat sendiri diketahui tidak menunjukkan adanya sesuatu yang mencurigakan.

“Landasan pacu ditutup untuk waktu yang singkat namun kini telah dibuka kembali,” juru bicara menambahkan. “Polisi ada di tempat kejadian dan penyelidikan sedang berlangsung.”

Sebelumnya, para penumpang pesawat mengaku sempat mendengar ledakan saat terbang demikian sebagaimana dilansir dari Independent, Rabu (4/10/2017). Sayangnya, pihak Ryanair tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang ancaman palsu tersebut.

“Penerbangan dari Kaunas, Lithuania menuju Luton dialihkan ke Stansted sesuai dengan prosedur yang berlaku setelah pihak berwenang Lithuania menerima peringatan ancaman keamanan. Pesawat mendarat dengan selamat di Stansted dan penumpang akan segera dipindahkan ke Luton setelah pemeriksaan selesai,” terang juru bicara Ryanair.

Baca Juga : Krisis RyanAir, Sampai Saat Ini Sudah 400.000 Penerbangan Batal

Share :
You might also like