Dalam Proses Perbaikan, Penerbangan Internasional HAS Hanandjoedin Ditunda

Jakarta, Airmagz.com – Bupati Belitung Sahani Saleh menilai penundangan penerbangan Internasional perdana oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi karena bandara H AS Hanandjoedin masih proses perbaikan.

Oleh sebab itu, kata Sanem, Menhub meminta segera diselesaikan agar selambat-lambatnya 15 Desember penerbangan tersebut bisa dilaksanakan.

“Penerbangan itu tetap disegerakan, tapi segera dengan persiapan, karena bapak Menhub tidak enak melihat bandara belum selesai. Nanti kan efek jeleknya yang kena juga beliau,” ujarnya

Menurut Sanem pasca Menhub menerbitkan SK penetapan bandara H AS Hananndjoedin sebagai bandara Internasional 22 Desember 2016 lalu, investasi mulai tumbuh di Belitung.

Sederet hotel ternama di Indonesia seperti Swiss Bel, JW Marriot, Seraton dan lainnya berlomba membangun di Negeri Laskar Pelangi. Bahkan Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung sudah grand opening Sabtu lalu.

Selain itu juga, beberapa restoran representatif mulai dibangun para investor untuk mendukung pengembangan pariwisata di Belitung.

“Kalau tidak ada bandara Internasional jangan harap hotel-hotel itu mau membangun di Belitung, nonsense lah itu,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, bandara Internasional begitu penting untuk mendukung percepatan pembangunan pariwisata di Belitung. Bahkan para pelaku pariwisata dan UKM mulai menikmati dampaknya.

Di sisi lain, kata dia, Pemkab Belitung juga terus berupaya melibatkan masyarakat ikut terlibat dalam pengembangan sektor pariwisata. Salah satunya konsep Geopark yang mengajak kelompok Hkm dalam pengelolaan.

“Makanya kalau ada gejolak isu batalnya bandara Internasional itu para investor ini galau. Karena mereka merasa dibohongi, sudah investasi besar tapi tiba-tiba bandaranya batal, kami susah juga menghapus isu itu,” katanya.

Sebelumnya sejauh ini sudah ada dua maskapai yang menyatakan kesiapannya melayani rute penerbangan internasional ke Belitung. Sampai saat ini pun terminal penumpang internasional Bandara H.AS. Hanandjoeddin saat ini masih dalam proses renovasi. Namun Menhub optimis bahwa semakin banyak sosialisasi potensi wisata di Belitung dan juga Infrastruktur yang terus di kembangkan maka sudah pasti peminat para masapai untuk membuka rute baru menuju Belitung akan semakin bertambah ke depannya.

Baca Juga : Buka Rute Internasional Ke Belitung, 2 Maskapai Siap Merapat

Share :
You might also like