Manjakan Penumpang, Singapore Airlines Kenalkan Kabin Premium

Jakarta, Airmagz.com – Singapore Airlines pada tanggal 2 November 2017 meluncurkan produk-produk kabin terbaru yang telah ditunggu-tunggu oleh para pelanggan, yang akan tersedia pada armada pesawat Airbus A380 mulai bulan depan, mengikuti hasil dari empat tahun pengembangan yang ekstensif.

Sesuai dengan tema “Space made personal, experience the difference”, kabin terbaru Singapore Airlines memberikan ruang yang lebih luas dan ruang privasi di seluruh kelas, menampilkan unsur-unsur yang dapat memanjakan dan dipesan terlebih dahulu khusus bagi para pelanggan Singapore Airlines.

Produk-produk kabin terbaru Singapore Airlines pada hari ini ditampilkan untuk pertama kalinya di acara peluncuran di Singapura. Produk-produk kabin terbaru tersebut pada bulan depan akan mulai memasuki masa layanan untuk lima armada pesawat A380 pertama. Pekerjaan retrofit juga akan berlangsung pada 14 armada pesawat yang sudah ada untuk memastikan konsistensi produk di seluruh armada A380 milik maskapai.

Singapore Airlines A380 terbaru akan dikonfigurasi dengan susunan kursi berjumlah 471, di dalam empat kelas, menampilkan enam Singapore Airlines Suites dan 78 kursi Business Class pada kabin bagian atas, serta 44 kursi Premium Economy Class, dan 343 Economy Class pada kabin utama.

Penelitian, desain, pengembangan, dan instalasi produk terbaru pada 19 armada pesawat A380 Singapore Airlines merepresentasikan investasi sebesar USD 850 juta.

Singapore Airlines Suites

Dengan enam kabin Suites yang luas tersedia di dalam kabin depan bagian atas, para pelanggan akan merasakan eksklusivitas dan privasi perjalanan yang intim di atas pesawat A380.

Di belakang pintu geser yang didesain secara artistik terdapat oasis pribadi yang dilengkapi dengan perabotan mewah. Setiap Suite dilengkapi dengan tempat tidur (full-flat bed) yang dapat diatur untuk berbaring dan kursi kulit yang mewah, dimana, memungkinkan para pelanggan untuk bersantai dengan nyaman di kursi ataupun beristirahat di tempat tidur tanpa harus merubah tempat tidur dari posisi duduk. Bagi pasangan yang melakukan perjalanan bersama-sama, tempat tidur pada dua suitepertama di setiap aisle dapat diubah menjadi tempat tidur ganda (double bed). Ketika sedang tidak digunakan, tempat tidur dapat disimpan, sehingga memberikan ruang yang lebih luas lagi di setiap Suite.

Setiap kursi dilapisi dengan bahan kulit Poltrona Frau yang memiliki kualitas terkemuka di dunia dan dapat diatur menggunakan kontrol elektronik yang dapat memenuhi berbagai posisi duduk dan bersantai. Kemampuan memutar kursi (antara 135 dan 270 derajat) dengan posisi berbaring hingga 45 derajat memberikan fleksibilitas tambahan untuk menikmati hidangan dan bersantai.

Setiap Suite juga memiliki monitor HD berukuran 32 inci yang dapat berputar untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda dalam posisi duduk dan tidur, sebuah lemari pakaian berukuran besar, kompartemen penyimpanan tas tangan, kotak perlengkapan (amenity box) yang dilapisi dengan kulit halus, karpet yang didesain khusus, dan dinding dengan pencahayaan yang disesuaikan dengan suasana para pelanggan – seluruhnya dirancang dengan indah untuk memberikan sentuhan kemewahan dan keintiman.

Eksklusivitas kabin Suites lebih ditekankan dengan dua kamar kecil yang dilengkapi perabotan mewah, dimana salah satunya memiliki meja rias duduk.

Kabin Suites terbaru didesain oleh Pierrejean Design Studio dan diproduksi oleh Zodiac Seats UK.

Business Class

Didesain oleh JPA Design, UK dan diproduksi untuk Singapore Airlines oleh JAMCO Corporation, Jepang, interior kabin Business Class menunjukkan skema warna modern yang khas, menampilkan pilihan kulit dan warna kain yang memiliki efek menenangkan dan mewah, disamping berbahan karbon ringan.

Dengan ukuran lebar 25 inci, kursi Business Class, yang memiliki dua sisi sayap untuk mendukung bagian belakang lebih baik, dapat berbaring secara langsung menjadi tempat tidur (full-flat bed) berukuran 78 inci. Para pelanggan juga dapat meregangkan posisi badan untuk menonton film pada monitor HD berlayar sentuhberukuran 18 inci. Kursi Business Class juga dilapisi dengan Poltrona Frau.

Sandaran kursi yang lebih besar pada setiap kursi menciptakan privasi yang lebih nyaman, sementara partisi di bagian tengah dapat sepenuhnya diturunkan untuk membentuk tempat tidur ganda (double bed), menjadikan dua kursi sebagai pilihan ideal bagi pelanggan seperti keluarga yang bepergian bersama.

Fitur unik pada kursi Business Class terbaru adalah struktur karbon fiber, yang jika dibandingkan dengan kursi pada pesawat konvensional menggunakan metal sebagai struktur pendukung. Struktur dasar yang lebih tipis ini memungkinkan kursi yang lebih optimal dan menciptakan ruang penyimpanan di bawah kursi yang lebih luas untuk menyimpan tas kabin,  tas laptop, ataupun tas tangan.

Kursi pada kabin Business Class disusun dengan konfigurasi menghadap ke depan, empat kursi berjajar (1-2-1) yang memberikan akses lorong (aisle) secara langsung bagi para pelanggan.

Fitur lainnya termasuk panel bisnis yang dilengkapi dengan port USB dan in-seat power, lampu untuk membaca yang dapat disesuaikan tingkat terang, pencahayaan yang disesuaikan dengan suara para pelanggan (mood lighting), meja makan yang lebih luas, didesain untuk fleksibilitas posisi makan, serta ruang penyimpanan untuk perlengkapan ataupun kebutuhan pribadi dengan desain khusus sehingga seluruh barang yang disimpan mudah dijangkau.

Premium Economy Class

Premium Economy Class dirancang dengan desain yang kontemporer dan stylish. Setiap kursinya memiliki lebar 19,5 inci, dengan panjang kursi 8 inci (saat kursi dibaringkan – reclining) dan jarak antar kursi selebar 38 inci. Pelanggan akan dimanjakan dengan pengalaman in-flight entertainment yang lebih menarik dengan tersedianya headphone kedap suara (active noise-cancelling headphones) dan monitor full HD yang ramping berukuran 13,3 inci.

Fitur lainnya meliputi penggunaan bahan kulit, sandaran tangan (calf-rest) dan pijakan kaki (foot-bar) untuk setiap kursi, serta power supply yang terkoneksi dengan masing-masing kursi, dua port USB, lampu baca pribadi, meja untuk koktail dan ruang penyimpanan yang lebih banyak untuk barang-barang pribadi.

Kursi Premium Economy Class diproduksi oleh ZIM Flugsitz GmbH dan disesuaikan lebih lanjut oleh perusahaan desain JPA Design.

Economy Class

Kursi Economy Class, yang didesain dan diproduksi oleh RECARO, menyediakan lebih banyak ruang dan kenyamanan yang lebih besar melalui desain yang telah disempurnakan. Memanfaatkan kecanggihan teknologi dan desain yang ergonomi, kursi yang tersedia pada kelas ini menyediakan lebih banyak ruang untuk kaki dan sandaran punggung, serta dilengkapi dengan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk enam posisi dimana bagian pinggir dari sandaran kepala tersebut dapat dilipat. Kursi pada Economy Class ini menggunakan desain bahan penutup kursi yang lebih kontemporer.

Sebuah monitor layar sentuh berukuran 11,1 inci menghilangkan kebutuhan penggunaan handset dan menyediakan lebih banyak kemudahan bagi para pelanggan yang ingin menikmati film terbaru pada sistem in-flight entertainment KrisWorld milik Singapore Airlines yang telah menerima penghargaan.

Fitur lainnya termasuk lampu baca pribadi yang tidak akan mengganggu penumpang lainnya yang dipasang di bagian bawah dari layar kursi, ruang penyimpanan personal untuk barang-barang pribadi berukuran kecil, gantungan untuk jaket/mantel, power supply yang terkoneksi dengan masing-masing kursi, serta pijakan kaki yang dirancang secara ergonomis dengan posisi yang dapat disesuaikan.

Investasi signifikan yang kami lakukan untuk memperkenalkan produk-produk kabin terbaru ini menunjukkan komitmen kami untuk terus berinvestasi terhadap produk dan layanan yang kami miliki, pendekatan jangka panjang kami untuk memastikan bahwa kami mempertahankan posisi kepemimpinan kami, dan kepercayaan kami terhadap masa depan dari penerbangan premium dengan full-service,” ujar CEO SIA, Mr. Goh Choon Phong.

“Produk-produk kabin terbaru ini merupakan puncak dari kerja keras kami selama empat tahun, yang melibatkan riset konsumen yang mendalam serta kemitraan kami yang erat dengan para desainer dan supplier kami. Kami percaya bahwa hasil kerja kami ini akan membuat para pelanggan kami berkata ‘wow’, dan kami akan memastikan bahwa kami akan senantiasa menyediakan mereka dengan pengalaman penerbangan yang tak tertandingi.”

Baca Juga : Singapore Airlines Luncurkan Produk-Produk Kabin Terbaru

Share :
You might also like