Lindy Kats, Pilot Perempuan Yang Menginspirasi

Jakarta, Airmagz.com – Profesi sebagai pilot memang menjadi dambaan bagi sejumlah orang. Pendapatannya yang tinggi, bisa menjelajah berbagai negara, menjalani pendidikan di sekolah pilot atau sekolah penerbangan, dan sederet hal menarik lain menjadikan profesi pilot bak impian.

Tak jarang, ketika kita menanyakan kepada anak-anak, ingin jadi apa mereka kelak di masa depan, sudah barang tentu ada saja anak yang mempunyai cita-cita menjadi pilot.

Tapi tentu tidak semua impian ataupun cita-cita tersebut bisa terpenuhi karena untuk menjadi pilot, memanglah tidak mudah. Rupanya impian dan cita-cita menjadi pilot ketika masih kecil benar-benar menjadi kenyataan bagi Lindy Kats, perempuan berusia 24 tahun yang sudah menjadi pilot di usianya yang masih tergolong muda.

”Ketika masih kecil, saya merasa sangat senang saat melewati bandara dan menyaksikan pesawat yang hilir mudik melakukan lepas landas, ada sensasi yang berbeda” kenang Lindy Kats seperti diberitakan CNN Travel.

”Ketika naik dan memasuki pesawat, saya tidak pernah bisa tertidur karena tertarik dengan segala hal, apalagi saat melihat keluar jendela” katanya lagi.

Kats mengatakan, saat ini ia merasa kagum dan bersyukur dengan apa yang telah diraihnya. Terlebih, apa yang menjadi impiannya bisa ia jadikan sebagai profesi seletah menjalani pendidikan di sekolah pilot atau sekolah penerbangan.

”Kenyataannya, bahwa impian saya bisa dijadikan sebagai profesi, menjadi pekerjaan, saya sangat bersyukur dan bahagia,” ujarnya.

Memenuhi mimpi

Bermula saat Kats berumur 15 tahun, ia yang masih remaja menghadiri sebuah acara karier sekolah menengah. Saat itu ada perwakilan dari sekolah pilot atau penerbangan. Kats yang ingin mewujudkan keinginannya tersebut lantas menghampiri perwakilan sekolah pilot atau penerbangan tersebut untuk mengutarakan keinginannya.

Kats menyadari, untuk menjadi pilot sangatlah tidak mudah karena sulitnya mencari sekolah pilot murah. Ia pun sempat berpikir bahwa impiannya tersebut terlalu tinggi. Sekolah pilot murah merupakan barang langka saat itu.

”Saya berbicara dengan mereka, walaupun saya berpikir bahwa itu sama sekali tidak mungkin karena sangat tidak mudah dan sekolah pilot murah sulit ditemukan, harganya mahal,” katanya.

Akan tetapi, Kats tak patah arang, selepas mengutarakan keinginannya kepada perwakilan sekolah pilot atau sekolah penerbangan tersebut, ia terus belajar dengan tekun hingga membawa ia ke sekolah penerbangan dan melalui berbagai pelatihan.

Ketika ditanya apa yang menjadi momen terbaik baginya, ia mengatakan bahwa pengalaman pertamanya menerbangkan pesawat adalah momen terbaik bagi karier penerbangannya selama ini.

“Sungguh menakjubkan, mungkin saya bukan orang yang pertama kali terbang. Tapi saya berada di sana. Saya merasa seolah-olah sedang menerbangkan pesawat itu sendiri,” ujar Kats.

“Itu lebih dari yang saya harapkan, itu adalah pengalaman yang luar biasa. Hampir 20 jam kemudian saya melakukan penerbangan solo pertama saya tiga pendaratan dan tiga take off, tanpa didampingi instruktur,” katanya.

Menjadi idola

Kesuksesan Lindy Kats menjadi pilot di usia muda rupanya membuat banyak orang terinspirasi. Dia yang acap kali mengunggah kegiatannya di akun Instagram kini telah mempunyai banyak pengikut.

Kisah sukses pemilik akun @pilot_lindy tersebut bahkan sempat dibahas oleh beberapa media massa. Ia pun merasa sangat senang jika ada orang yang terinspirasi atas kesuksesannya.

“Jika orang mengatakan kepada saya bahwa mereka terinspirasi, ini adalah salah satu pujian terbaik yang bisa saya dapatkan,” ujarnya.

”Masih terasa aneh melihat artikel dan video tentang diri saya sendiri. Saya sama sekali bukan selebriti. Karena itulah saya merasa lucu ketika orang-orang mendekati saya untuk wawancara,” ujar wanita kelahiran Italia tersebut.

Sekolah pilot

Di Indonesia, salah satu sekolah penerbangan yang bisa jadi jalan untuk mewujudkan mimpi menjadi pilot adalah Genesa Flight Academy. Genesa Flight Academy adalah sekolah pilot swasta yang berdiri sejak 2012 dengan sertifikat pengakuan Kementrian Perhubungan Indonesia. Saat ini, Genesa Flight Academy memiliki 13 pesawat fixed wing maupun rotary wing. Genesa Flight Academy merupakan sekolah rotary wing swasta pertama di Indonesia.

Sekolah penerbangan ini memiliki main training base di Bandara Tunggul Wulung Cilacap Jawa Tengah. Tak hanyaa itu, mereka juga memiliki satellite training base di Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran.

Sekolah pilot murah ini memiliki jumlah armada sebanyak 13 unit. Para calon pilot akan dibimbing oleh 19 orang instruktur fixed wing dan 4 orang instruktur rotary wing. Sebagian besar instruktur adalah pilot-pilot maskapai yang aktif terbang di pedalaman Indonesia.

Sebanyak 13 pesawat latih fixed wing yang mereka miliki berjenis Cessna 172 M (2 unit), Cessna 172 P (4), Cessna 172 S dengan Garmin 1000 (2), dan Super Dechatlon untuk kelas aerobatic dan tail dragger endorsement (1).

Untuk latihan, sekolah pilot murah ini memiliki dua simulator terbang. Kedua simulator terbang itu adalah MCX-Redbird yang digunakan untuk simulasi Cessna 172, Piper Seneca, dan Piper Seminole. Simulator lainnya adalah berjenis fixed base Boeing 737NG yang digunakan untuk kegiatan jet intro. (Pikiran Rakyat)

Share :
You might also like