Hujan Deras Picu Genangan di Runway, Bandara Supadio Tutup

Jakarta, Airmagz.com – Hujan berintensitas cukup besar terjadi di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya sejak Sabtu (11/11/2017), bahkan hingga Minggu pagi (12/11/2017) hujan masih terus berlanjut, sehingga memaksa Landasan Bandara Supadio di tutup untuk sementara karena tergenang air.

“Sejak kemarin terjadi hujan lebat di Kubu Raya dan sekitarnya. Pada pagi ini kondisi kembali hujan sehingga membuat genangan air di sekitar runway,” ujar General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Supadio Pontianak Bayuh Iswantoro dikutip dari Tribun Pontianak.

Perihal penutupan Runway, Bayuh mengatakan ditutupnya runway yang disebabkan tergenangnya air hanya bersifat sementara, sampai saat ini penanganan sedang dilakukan oleh pihak Angkasa Pura II Supadio agar landasan dapat segera digunakan lagi secepatnya.

“Pihak bandara bersama dengan stakeholder lainnya terus mengupayakan agar runway dapat bebas dari genangan air sehingga penerbangan bisa kembali dioperasikan untuk melayani penerbangan masyarakat,” jelas Bayuh Iswantoro.

Penutupan Landasan/Runway Bandara Supadio berakibat pada aktifitas penerbangan dari dan menuju Bandara Supadio, beberapa maskapai terjadi delay bahkan hampir 7 jam lamanya, beberapa penumpang mengeluhkan situasi seperti ini.

Okezone

Beberapa penumpang justru memilih untuk re-schedule penerbangan mereka untuk esok hari, dengan kompensasi berupa makanan dan juga penginapan sebagaimana mestinya dalam aturan penerbangan. Maskapai yang bersedia melakukan re-schedule yaitu Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air dan Sriwijaya Air. Untuk Citilink dan Batik Air masih menunggu keputusan pusat atas nasib penumpang yang menumpuk di Bandara tersebut.

Antisipasi Keamanan.

Penutupan sementara Bandara Supadio akibat genangan air di landasan/Runway ikut memperparah situasi di dalam terminal, ribuan penumpang menumpuk sambil menunggu kepastian akan nasib mereka selanjutnya.

Meskipun beberapa sudah bersedia untuk melakukan refund atau bahkan re-schedule jadwal mereka namun tetap saja banyak yang mengeluhkan kondisi ini, tak sedikit pula penumpang emosi dengan kebijakan yang diberikan pihak maskapai.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Purwanto menerjunkan personel tambahan di bandara. “Kita akan monitor terus kejadian ini. Termasuk menambah anggota untuk pengamanan sebagai upaya antisipasi hal-hal tidak diinginkan,” ujar Purwanto.

Sampai saat ini penutupan Bandara masih berlangsung, pihak bandara masih melakukan upaya untuk mengantisipasi genangan dengan menyedot air yang sudah melebar ke sisi Runway, antisipasi tersebut di lakukan agar genangan tidak sampai tengah Runway.

BMKG juga memastikan sampai saat ini kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Share :
You might also like