Bandara Tanjung Warukin Bakal Dioperasikan Kembali

Jakarta, Airmagz.com – PT Pertamina (Persero) mengoperasikan kembali Bandar Udara Pertamina di Tanjung Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan di penghujung tahun 2017.

Untuk pelaksanaan operasional, Pertamina menunjuk anak perusahaannya PT Pelita Air Service yang akan bekerja sama dengan UPT/Dinas Perhubungan Pemkab Tabalong.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sarjito menjelaskan, beroperasinya kembali Bandara Tanjung Warukin akan memberikan manfaat secara komersial bagi Pertamina, menghindari penguasaan aset oleh pihak lain, serta mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya.

“Pengoperasian kembali Bandara Udara Pertamina di Tanjung Warukin merupakan langkah positif dalam pengelolaan Aset Pertamina yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia,” jelasnya melalui keterangan pers, Senin (4/12/2017).

Untuk mengoptimalkan pengoperasian Bandar Udara Pertamina Tanjung Warukin, tambahnya, Pertamina telah melakukan renovasi fasilitas bandara meliputi overlay taxiway dan runway, instrumentasi bandara, renovasi terminal, tower, marking, apron, dan pagar perimeter.

Bandara Udara Pertamina di Tanjung Warukin, Tabalong, yang berbatasan dengan empat Kabupaten yakni  Penajam Paser Utara, Barito, Balangan, dan Hulu Sungai Utara ini diharapkan dapat melayani kebutuhan transportasi udara masyarakat umum dan pekerja Pemkab Tabalong dan sekitarnya.

Bandara ini juga dapat melayani aktivitas bisnis pertambangan batu bara, migas dan perkebunan yang menjadi kegiatan utama di Kabupaten Tabalong yang memiliki jumlah penduduk 243.477 jiwa.

Bandara ini memungkinkan transportasi udara yang akan memangkas waktu tempuh dari Kabupaten Tabalong menuju Banjarmasin melalui jalur darat yang membutuhkan waktu sekitar enam jam.

Bandara Pertamina Tanjung Warukin akan melayani penerbangan domestik sebanyak delapan flight per hari dengan empat rute/tujuan penerbangan yakni Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Adi Sumarmo (Solo) dan Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin). (IMN/SindoNews)

Share :
You might also like