Hadapi Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Solusinya!

Jakarta, Airmagz.com – Libur Natal dan Tahun baru akan segera tiba,  Itu berarti bulan ini kita mendapatkan long weekend alias libur panjang kedua. Sudah banyak yang berencana mau pergi ke luar kota. Apakah kamu termasuk? Jika iya, sebaiknya persiapkan diri sebelum berangkat karena kemungkinan jalan akan sangat padat.

Pada hari libur panjang, warga DKI Jakarta dan sekitarnya seringkali memilih pergi keluar kota. Bandung, Bogor, atau Puncak tak lagi jadi pilihan. Banyak dari mereka tak ragu berangkat ke lokasi yang lebih jauh di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, ataupun Jawa Timur. Dan biasanya mengendarai mobil pribadi jadi pilihan utama meskipun terancam jebakan macet.

Siapkah kamu menghadapi jalur macet itu? Mau tak mau memang harus siap. Apa yang harus kita lakukan jika benar-benar menghadapi situasi macet saat libur Natal dan Tahun baru tersebut? Yuk mari kita bagi tips dan trik menarik saat mengalami macet saat liburan.

Pastikan Kondisi Badan Sehat

 

Jika kamu membawa kendaraan sendiri, kondisi badan harus dalam keadaan fit 100 persen. Meskipun kamu bukan supir dan hanya jadi penumpang, memastikan kondisi tubuh tetap jadi prioritas utama. Banyak kasus terjadi pada arus Lebaran 2016 lalu dimana pemudik harus mendapatkan perawatan khusus karena kolaps di tengah jalan. Jangan remehkan soal kesehatan loh!

Cek Info Lalu Lintas

Jaman canggih seperti ini kamu tidak perlu repot mencari informasi yang valid mengenai keadaan lalu lintas. Bukalah aplikasi seperti Waze atau Google Maps untuk memantau keadaan lalu lintas. Info dari televisi atau twitter resmi kepolisian juga sangat membantu.

Cari Jalur Alternatif

 

Namanya juga membawa kendaraan sendiri, kamu harus pintar mencari jalur yang paling efektif. Untuk lalu lintas ke arah Pantura memang sudah tersedia tol Cipali namun ingat pada lebaran tahun lalu tol ini justru jadi jalur “neraka”. Jangan terpaku pada satu jalur.

Cek Ulang Kondisi Kendaraan

Idealnya memeriksa kondisi kendaraan adalah sepekan sebelum tanggal keberangkatan. Periksa dengan detil setiap komponen kendaraan khusus yang paling vital seperti kondisi ban, rem, lampu jalan, lampu indikator, dan tentu bensin. Jangan sampai liburan kamu batal karena lupa isi bensin.

Tak Ragu untuk Istirahat Ketika Lelah

 

ayo bandung

Jika kantuk dan lelah mulai menyerang, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Banyak kasus kecelakaan terjadi karena dipicu kelelahan dan kantuk. Beristirahatlah sejenak di tempat yang sudah disediakan. 1-2 jam rasanya cukup untuk meregangkan otot yang kaku dan mengurangi kantuk.

Tak Perlu Buru-buru, Utamakan Keselamatan

Kendarai mobil kamu dengan aman. Tak perlu terburu-buru karena tujuan mu adalah berlibur bukan pergi ke kantor atau kampus. Nikmatilah perjalanan yang ada meskipun kondisi lalin macet.

Sebaiknya Memang Pakai Transportasi Umum

ahloo-macet-kereta-api

Sebenarnya untuk perjalanan jauh alangkah lebih baik jika kamu tidak membawa kendaraan. Mengandalkan transportasi umum seperti bus, kereta api, hingga pesawat akan membuat perjalanan mu lebih nyaman dan aman.

Jangan Memaksakan Diri ke Luar Kota

Jika tidak dapat tiket bus, pesawat, atau kereta api dan tidak punya kendaraan pribadi, sebaiknya tidak memaksakan diri pergi ke luar kota. Liburan di dalam kota juga bisa jadi pilihan menarik kok. Selain tidak terkena jebakan macet, liburan di dalam kota juga lebih murah. (IMN/ahloo.com)

Share :
You might also like