Penerbangan di Lubuklinggau Terganggu Akibat Cuaca Buruk

Jakarta, Airmagz.com – Cuaca buruk yang terjadi dalam sepekan terakhir di kota Lubuklinggau membuat beberapa penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Silampari terganggu.

Bahkan Jumat (15/12/2017) lalu pesawat Wings Air penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta II Jakarta tujuan Bandara Silampari tidak bisa mendarat.

Buruknya cuaca memaksa pesawat itu terpaksa terbang kembali ke Jakarta setelah beberapa kali berputar-putar di langit-langit Bandara Silampari.

Kepala Satuan Bandara Silampari, Rudi Pitoyo, Minggu (17/12/2017) saat dihubungi Tribunsumsel.com membenarkan hal tersebut, ia mengatakan kondisi cuaca buruk di kota Lubuklinggau memang berdampak terhadap sejumlah penerbangan.

Bahkan hampir semua maskapai baik Nam Air maupun Wings Air terpaksa banyak yang delay. Karena ketika berangkat dari Jakarta cuaca sangat bagus namun ketika tiba dikota Lubuklinggau cuaca berubah.

“Jarak pandang di Bandara Silampari kadang berubah. Bahkan kemarin jarak pandang hanya mencapai 1 Km. Yang seharusnya untuk mendarat jarak Pandang minimal 3 Km. Jadi daripada bahaya lebih baik tidak mendarat,” ungkapnya.

Hanya saja meskipun cuaca buruk kerap terjadi dikota Lubuklinggau, namun sejumlah penerbangan baik dari Jakarta maupun dari Palembang tidak pernah di cancel dan penerbangan tetap berjalan walaupun terlambat.

“Apabila sampai di cancel otomatis merugikan penerbangan. Karena dengan adanya delay saja banyak rute penerbangan terganggu dan terpaksa mundur dari jadwal yang ditetapkan” katanya.

Sementara terkait kesiapan landasan, Rudi menegaskan sejauh ini tidak ada masalah. Karena petugas dilapangan sebelum pesawat tiba dan pesawat berangkat selalu melakukan pengecekkan terlebih dahulu.

“Kalau landasan tidak ada masalah. Tapi kalau cuaca iya memang sering jadi masalah. Karena akhir-akhir ini kota Lubuklinggau sering terjadi kabut,” katanya. (IMN/TribunSumsel)

Read More : Cuaca Buruk dan Erupsi Gunung Agung, Jadwal Garuda Berantakan

Share :
You might also like