Belum Mencapai Target, Bandara Syamsudin Noor Jalan di Tempat

Jakarta, Airmagz.com – Berstatus sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) tak membuat Proyek Pembangunan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru berjalan mulus.

Progres pengembangan bandara tak seperti yang diharapkan. Target pengerjaan sejak April 2017 hingga tahun berakhir sebesar 21,945 persen. Namun kenyataannya pengerjaan yang tercapai hanya 15,907 persen.

Alasan utama masih seperti sebelumnya yakni pembebasan lahan. Ada 10,5 hektare lahan belum benar-benar bebas.

Persoalan cuaca yang menghambat masuknya material juga diungkapkan General Manager Angkasa Pura I Syamsuddin Noor Wahyudi dalam rapat dengan anggota Komisi II DPRD Kalsel di Banjarmasin, Rabu (3/1).

Untuk pembebasan lahan, Wahyudi menjelaskan belum ada kesepakatan tukar guling lahan seluas 2,7 hektare milik TNI Angkatan Udara. Padahal, rencananya di lokasi itu dibangun gedung EOC dan pos sekuriti airside serta air port catering service.

Selain itu, ada klaim warga atas areal seluas 7, 8 hektare. Padahal lahan ini untuk pembangunan kargo dan apron service. Ini ditambah lagi persoalan belum selesainya proses wakaf musala.

Namun Wahyudi yakin persoalan tersebut bisa diatasi. “Untuk lapangan tembak TNI AU seluas 2,7 hektare sudah tahap finalisasi. Ini karena surat persetujuan dari Kepala Staf Angkatan Udara sudah ada. Hanya proses tukar gulingnya yang belum. Insya Allah pertengahan Januari lakukan finalisasi keinginan mabes TNI AU,” kata dia. (IMN/Banjarmasinpost)

Share :
You might also like