Legenda Hidup Yon Koeswoyo di Mata Para Sahabat

Jakarta, Airmagz.com – Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia, Legenda musik Indonesia Yon Koeswoyo tutup usia, ucapan belasungkawa datang dari seluruh penjuru tanah air khususnya para sahabat dan musisi Indonesia.

Mereka mengaku telah kehilangan sosok yang inspiratif, Musisi Dwiki Dharmawan menilai almarhum Yon Koeswoyo semasa hidup merupakan sosok yang tulus dalam berkarya.

Bahkan, ketulusan Yon bersama Koes Plus dalam membuat sebuah karya, dapat dilihat dari bagaimana musik yang mereka ciptakan itu bisa membawa nuansa bahagia dan menyenangkan bagi para pendengarnya.

Karyanya itu tulus, tidak tendensius, dan menyenangkan semua pihak yang mendengar,” ujar Dwiki saat ditemui di rumah duka, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Saat ditanya apa karya Yon Koeswoyo atau Koes Plus yang sangat berkesan baginya, Dwiki mengaku sangat terkesan dengan lagu ‘Kolam Susu’ yang menjadi salah satu hits Koes Plus.

“Lagu ‘Kolam Susu’ itu sangat menunjukkan ke-Indonesiaan. Jadi Indonesia itu sebenarnya sudah dilirik Koes Plus sejak dulu. Gimana negara yang subur dan gemah ripah loh jinawi, tapi kenyataannya tidak dikuasai oleh kita sendiri,” kata Dwiki.

Selain itu, Dwiki menilai bahwa lagu-lagu Koes Plus yang lahir di era beberapa dekade lampau, ternyata merupakan karya luar biasa yang bisa bertahan lintas zaman.

“Karena tema-tema yang diusung pas pada jamannya dan tidak pernah tergerus, tetap menghibur, serta membangun kecintaan, seperti misalnya di lagu Nusantara. Saya rasa itu yang membedakannya daripada yang lain,” ujarnya.

Pesan-pesan terakhir juga disampaikan oleh musisi senior yang juga sahabat almarhum semasa hidup, Sam Bimbo. Sam sendiri ingin Yon menjadi pahlawan di hati para penggemar dan orang-orang terdekatnya.

“Meskipun tidak mungkin ditentukan sebagai pahlawan oleh pemerintah, tapi kita bisa menjadikannya pahlawan di hati kita sendiri,” ungkap Sam di tempat pemakaman.

Seperti diketahui, Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) pagi di kediamannya, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Yos meninggal dunia dalam usia 77 tahun lantaran mengidap penyakit komplikasi diabetes yang dideritanya dalam dua tahun terakhir.

Yon Koeswoyo menjadi personel terakhir dari Koes Plus yang meninggal. Sebelumnya, Tony dan Muri yang juga menjadi personel Koes Plus sudah terlebih dahulu berpulang ke haribaan Tuhan Yang Maha Esa. (IMN/DariBerbagaiSumber)

Share :
You might also like