Mau Jadi Traveler Yang Sayang Bumi? Lakukan Hal Ini!

Jakarta, Airmagz.com – Tahukah bahwa setiap aktivitas yang Anda lakukan setiap hari dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan bumi? Salah satu efeknya adalah pemanasan global melalui emisi gas rumah kaca. Emisi gas ini mungkin tanpa sadar sering Anda lakukan, baik secara langsung (membakar sampah) maupun tidak langsung (menggunakan listrik dari PLTU).

“Gas rumah kaca” yang diemisikan inilah kemudian menyebabkan panas yang masuk ke bumi, menjadi terperangkap di atmosfer bumi, sehingga menimbulkan pemanasan global. Dan emisi gas rumah kaca akibat aktivitas manusia inilah yang disebut sebagai jejak karbon (carbon footprint).

Faktanya, industri pariwisata memberi dampak yang besar pada lingkungan melalui jumlah gas rumah kaca yang dihasilkan tiap tahunnya. Seperti diberitakan indonesiaecotourism.com,berdasarkan data dari four-pillas.co.uk industri pariwisata menyumbangkan 5% emisi karbondioksida global serta berkontribusi hingga 4,6% terhadap pemanasan global.

Sementara tingkat hunian hotel rata-rata menyumbang emisi karbon sebesar 29,53 kg. Dan, meskipun penerbangan berkontribusi hanya dua persen dari emisi karbon dunia, sektor transportasi, meliputi udara, air, dan kereta api menghasilkan porsi terbesar, yakni 75%.

Besar sekali bukan? Jangan sampai gaya hidup kita menambah panas bumi dengan melakukan kegiatan-kegiatan tidak perlu yang justru hanya menambah pemanasan global. Ikuti tips berikut untuk menjadi traveler yang saying bumi.

  1. Pilih transportasi menuju destinasi dengan rute tersingkat, hindari rute transit.
  2. Pilih maskapai atau hotel yang memberi Anda kesempatan (saat booking) untuk mengganti jejak karbon berupa donasi atau pohon yang akan ditanam atas nama Anda.
  3. Pilihlah maskapai yang ramah lingkungan, seperti maskapai yang mendaur ulang sampah makanan, minuman, dan kertas.
  4. Hemat energi mulai dari kamar hotel, matikan lampu dan AC saat Anda meninggalkan kamar hotel.
  5. Belilah makanan atau produk dengan bahan yang berasal dari daerah lokal.
  6. Saat tiba di destinasi tujuan, usahakan kurangi berkendara. Dan bila harus berkendara, gunakanlah kendaraan transportasi umum.
  7. Isi ulang baterai gadget Anda dengan tenaga matahari.

(MAH)

REKOMENDASI