Tips Membawa Peralatan Pendakian Gunung Di Pesawat

Jakarta, Airmagz.com – Anda berencana membawa perlengkapan naik gunung ke dalam pesawat terbang? Sebaiknya Anda berhati-hati karena sering terjadi beberapa kasus di mana pendaki gunung yang akan terbang harus berurusan dulu dengan petugas bandara terkait barang-barang bawaannya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan acuan agar tas kerir Anda tidak bermasalah saat diperiksa di bandara asal dan di bandara tujuan.

1. Umumnya, jumlah berat bagasi pesawat dibatasi hingga maksimal 20 kg. Jadi, pastikan barang bawaan dalam tas kerir Anda tidak over weight sebelum diserahkan kepada petugas bandara.

2. Sebaiknya sejak awal Anda sudah memisahkan barang-barang mana yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat dan barang-barang mana yang akan dimasukkan ke ruang bagasi.

3. Hindari membawa barang-barang yang dilarang masuk ke dalam pesawat. Di sini ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, barang-barang yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat, antara lain benda-benda tajam alat tumpul yang dapat menyebabkan potensi cedera, bahan peledak dan zat yang mudah terbakar, zat kimia dan beracun, parfum yang beratnya lebih dari 100 ml, dan barang lainnya yang sekiranya mencurigakan. Sedangkan hal kedua adalah barang-barang yang tidak boleh dibawa ke ruang bagasi pesawat, misalnya bahan peledak dan zat yang mudah terbakar, zat kimia dan beracun (biasanya gas kaleng buat memasak), dan lain-lain yang kira-kira beresiko.

4. Bawalah daypack atau tas pinggang untuk menampung dokumen-dokumen penting atau barang-barang kecil yang nantinya bakal dibutuhkan saat terbang, misalnya uang, dompet, kamera, handphone atau gadget, dan lain-lainnya.

5. Bila membawa beban yang lebih dari 20 kg, bagilah menjadi dua, kemudian masukkan satu bagian ke dalam tas atau daypack yang akan dibawa ke dalam kabin, sedangkan satu bagian lagi masukkan ke dalam kerir yang akan dibawa ke ruang bagasi. Tujuannya adalah agar isi kerir Anda tidak over weight.

6. Peralatan seperti kompor sebaiknya dilepas bagian per bagian agar mudah disusun ke dalam kerir. Dan usahakan membawa peralatan-peralatan yang ringan semacam berbahan plastik.

7. Sebaiknya tutup tas kerir Anda dengan cover. Hal ini untuk mencegah kerir Anda tersangkut dengan benda lain, mengingat banyaknya tali dan lekukan-lelukan pada bagian luar kerir, juga untuk menghindari terlepasnya peralatan lain yang ditempelkan di sisi kiri-kanan tas kerir.

8. Jangan menaruh peralatan di saku/kantong kerir yang tidak ada resleting-nya agar gear atau peralatan gunung Anda tidak jatuh atau tercecer, dan untuk menghindari tangan-tangan jahil oknum petugas bandara.

Selanjutnya, selamat terbang!

(BD)

Share :