Pecinta Cokelat Wajib Mampir ke Kampung Cokelat Blitar Ini

Jakarta, Airmagz.com – Siapa sangka, Blitar, Jawa Timur, mempunyai kampung semanis cokelat. Kampung yang disebut Kampung Cokelat ini bisa divilang bagai surga bagi pecinta cokelat.

Kawasan seluas 5 hektare ini merupakan kawasan wisata edukasi yang mengajak pengunjungnya tidak hanya menikmati kelezatan cokelat, tetapi juga mempelari seluk beluk dunia percokelatan.

Di sini, pengunjung bisa melihat bagaimana biji kakao diolah menjadi sebatang cokelat siap makan dengan hiasan yang cantik. Ada juga cooking class yang mengajak pengunjung untuk menghias cokelat sesuai keinginan masing-masing, dan ini boleh dibawa pulang loh.

Selain itu, ada juga bioskop mini. Sebuah bioskop mini yang menayangkan bagaimana proses pembuatan cokelat mulai dari biji kakao hingga ke tangan pembelinya.

Menurut Direktur Operasional Akhsin Alfatar Owner H. Kholid Mustafa sejarah Kampung Cokelat ini memiliki cerita pangjang, “awalnya kami bergerak di budiya kakao 2004, namun kami colaps. Kemudian bisnis ayam, gagal juga  karena flu burung. Lalu kami jual biji kakao. Terus berkembang dan malah menjadi core bisnis utama.”jelasnya.

Dan kini, sejak dibuka sebagai wisata edukasi pada 2014, ribuan hinggal puluhan ribu pengunjung telah memadati Kampung Cokelat setiap harinya.

“Rekor daily 1.000 pengunjung. Sabtu 7 ribu orang dan Minggu 15-19 ribu pengunjung. Pada tahun baru 2016, sebanyak 19 ribu pengunjung memadati kawasan, dan pada tahun baru 2017 kemarin meningkat menjadi  39 ribu pengunjung.” tambah Kholid.

Di sisi lain, Kampung Cokelat ini ternyata  memberi manfaat untuk orang sekitar jadi menyerap tenaga kerja sekitar. Sebanyak 300 orang tenaga kerja yang tinggal di daerah sekitar berhasil terserap. Begitupun dengan UKM seluruh produk selain cokelat seperti produk produk turunan cokelat.

Selain kelezatan cokelat yang ditawarkan, Kampung cokelat ini juga memberikan fasilitas spot selfie unik di sudut-sudut wisata. Makin cocok untuk para milenia. (MAH)

Share :
You might also like