Ini Dia Trik Mencegah Pisang Agar Tidak Hitam

Jakarta, Airmagz.com – Sekalipun punya rasa yang enak dan manfaat tinggi, namun sayangnya pisang tak bisa disimpan dalam waktu lama.

Pisang yang disimpan dalam waktu lama akan menyebabkan warnanya berubah jadi hitam dan tekstur dagingnya yang terlalu lembek.

Hanya saja ini tak berarti kalau pisang tak bisa disimpan dalam waktu lama. Dengan beberapa teknik penyimpanan yang tepat, Anda bisa menyimpan pisang agar tak mudah berubah warna jadi hitam dan terlalu lembek.

Mengutip Health, satu hal utama yang harus diketahui adalah tidak menyimpannya di dalam lemari es sebelum pisangnya matang.

Pisang adalah buah tropis, dan seperti buah tropis lainnya, pisang tak tahan dengan udara dingin.

Oleh karenanya, cara terbaik untuk menyimpan pisang adalah menyimpannya di suhu ruang. Hal ini berlaku terutama untuk pisang yang masih hijau dan belum matang.

Menyimpan pisang yang belum matang di lemari es hanya akan ‘membekukan’ kemampuan buah untuk segera masak.

“Mereka mungkin tidak bisa lagi melanjutkan proses pematangan meskipun sudah dikembalikan ke suhu kamar,” kata seorang ahli di Chiquita Banana.

Penyimpanan pisang dalam lemari es akan membuat pisang tetap berwarna hijau, mengandung banyak pati, dan tak enak di makan.

Hanya saja, ini tak berarti kalau Anda benar-benar tak bisa menyimpannya dalam lemari es. Pisang yang sudah matang bisa disimpan dalam lemari es.

“Saat pisang sudah mulai masak, itu bisa disimpan dalam lemari es saat buahnya sudah sedikit berubah warna,” kata Harold McGee dalam On Food and Cooking: The Science and Lore of The Kitchen.

“Tapi kulitnya akan tetap berubah jadi hitam.”

(IMN/CNNIndonesia)

Share :