Enam Film Penerbangan Terbaik Versi Airmagz

Jakarta, Airmagz.com – Dunia penerbangan selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi dunia perfilman khususnya Hollywood. Berbagai cerita menarik mampu dihasilkan baik dari arsitektur pesawat, bandara, bahkan kehidupan orang-orang yang bekerja dalam penerbangan. Cerita-cerita ini dikemas dengan aksi pemain-pemain film profesional dibungkus dengan teknologi pesawat yang mumpuni sehingga mampu menghasilkan film-film terbaik. Berikut enam film mengenai dunia penerbangan yang mampu redaksi rangkum dalam tulisan ini.

  1. Non Stop

Film ini  bercerita tentang seorang Marshal Udara Amerika Bill Marks (Liam Neeson) yang melakukan penerbangan dari kota New York, Amerika Serikat menuju ke kota London, Inggris. Di tengah perjalanan ia menerima pesan pendek berantai yang berisi ancaman. Pengirim pesan pendek misterius tersebut meminta sejumlah uang dan mengancam akan membunuh penumpang pesawat jika permintaan transfer dana tak dipenuhi. Sang Marshal Udara pun menyampaikan perihal ini kepada pilot. Alih-alih dipercaya, Bill justru dianggap sebagai biang keladi karena nomor rekening yang diberikan pengancam mengatasnamakan dirinya. Bill pun terjebak dalam situasi ini dan ia harus menyelamatkan diri serta para penumpang pesawat.

  1. The Terminal

The Terminal menceritakan seorang penumpang pria yang mencoba bertahan hidup di dalam sebuah bandara. Peraturan bandara negeri Paman Sam yang sangat ketat adalah penyebab terjebaknya penumpang pria tersebut. Viktor Navorski, diperankan oleh Tom Hanks, berasal dari Eropa Timur yang dilanda peperangan besar ketika sampai di bandara JFK tersebut. Paspornya ditolak dan dianggap tak berkewarganegaraan. Selama terjebak di dalam bandara, ia berkenalan dan jatuh cinta dengan pramugari Amelia Warren, diperankan Catherine Zeta-Jones.

  1. Air Force One

Film ini berlatar waktu tahun 1997 ketika Presiden Amerika Serikat James “Jim” Marshall, diperankan Harrison Ford, dalam perjalanan pulang setelah menghadiri  acara perayaan penangkapan Jenderal Ivan Radek, diperankan Jurgen Prochnow, pemimpin pemberontak Kazakhstan di Moskow, Rusia. Pesawat kepresidenan Air Force One ini ternyata disusupi oleh sekelompok teroris yang menyamar sebagai awak televisi Rusia. Pimpinan teroris Egor Korshunov, diperankan Gary Oldman, dan anak buahnya secara tiba-tiba menyerang dan berhasil menguasai pesawat tersebut. Seluruh penumpang pesawat Air Force One menjadi sandera, termasuk istri presiden, Grace Marshall (Wendy Crewson) dan putri mereka, Alice (Liesel Matthews). Presiden Marshall menyembunyikan diri dari para teroris. Hal ini memicu kemarahan Egor, ia pun segera menghubungi Gedung Putih untuk menuntut pembebasan pemimpin mereka, Jenderal Radek dari penjara. Mereka pun mengeksekusi satu penumpang tiap setengah jam

     4. Con Air

Cameron Poe, diperankan Nicolas Cage, membunuh seorang pria yang mengganggu istrinya. Mantan pasukan elit Ranger dari Angkatan Darat AS itu pun mendekam di penjara selama 8 tahun. Ia menjadi penumpang Jailbird, pesawat yang akan membawanya pulang kemudian. Jailbird berisi para napi kelas kakap seperti Cyrus The Virus (John Malkovich), Nathan Jones (Ving Rhames), dan Garland Greene (Steve Buscemi) yang kemudian membajak Jailbird. Poe pun beraksi dengan berbagai trik demi keinginannya untuk pulang dengan selamat dan kembali bertemu dengan istrinya.

  1. Flight Plan

Film bertema penerbangan yang satu ini memiliki alur ceritanya maju mundur. Pratt, diperankan Jodie Foster, berencana kembali ke rumah orangtuanya bersama anaknya, Julia dan jenazah mendiang suami. Di dalam pesawat jumbo yang membawa mereka ke New York, Julia hilang. Pratt yang panik pun mencari Julia ke seluruh bagian pesawat dengan keahliannya sebagai insinyur aeronautika. Ia meminta bantuan kapten pilot (Sen Bean) dan segera memerintahkan krunya untuk mencari Julia. Nama Julia tak ada dalam daftar penumpang dan Pratt tak mampu menunjukkan boarding pass atas nama Julia. Ia pun dianggap sebagai penumpang dengan gangguan jiwa.

  1. Catch Me If You Can

Film ini tahun 2002 ini menampilkan aktor Leonardo DiCaprio, memerankan Frank Abagnale Jr. Ia telah terbang ratusan ribu mil dan dijuluki “The Skywayman”. Frank Abagnale Jr sedang dalam pelarian akibat perceraian orangtuanya. Sebagai cara bertahan hidup, ia pun mulai memalsukan cek yang dapat diuangkan. Ia juga mahir berganti identitas. (AQA)

Share :
You might also like