Yockie di Mata Para Musisi

Jakarta, Airmagz.com – Wafatnya Yocki Suryo Prayogo, Keyboardist band Legendaris ‘God Bless’ Senin (5/2) kemarin menyisakan duka mendalam bagi sejumlah musisi tanah air. Bukan hanya Ahmad Albar kompatriotnya di band, Fariz RM, Rian D’masiv, dan Bens Leo juga merasa kehilangan.

Bagi Ahmad Albar, mendiang Yockie bukan sebatas sahabat. Tapi dia sudah menganggapnya seperti keluarga sendiri. Keterangan ini, Albar ucapkan sewaktu ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (5/2/2018).

Kalau bertengkar misalnya, sambung Albar, dia dan Yockie akan cepat akur kembali. “Yang pasti, saya sangat kehilangan sosok Yockie,” kata pria yang akrab disapa Iyek ini. Terlalu banyak kenangan yang dilaluinya bersama almarhum. Termasuk karya Yockie buat God Bless yang menurut Iyek sangat banyak. Bahkan sampai sekarang pun dia masih sering nyanyikan.

Duka mendalam turut dirasakan Fariz RM atas kepergian Yockie.  Di benak pelantun lagu sakura ini, Yockie merupakan tokoh berpengaruh di industri musik Indonesia sekaligus juga berjasa bagi karir dirinya. “Boleh dibilang saya masuk ke dunia musik karena dia,” terang Fariz.

Kenangannya bersama Yockie yang tak terlupakan adalah, ketika Yockie memberinya kepercayaan untuk menggarap album Badai Pasti Berlalu. “Waktu itu dia tawarkan ke saya, mau enggak garap albumnya Chrisye?’ jelas Fariz saat menirukan bicaranya Yockie. Kepercayaan Yockie ke dirinya itu sangat luar biasa.

Sementara itu, Rian Ekky Pradipta vokalis Grup Band D’Masiv melalui akun Instagramnya @rianekkypradipta mengungkapkan kesaksiannya sewaktu bersama almarhum. Menurut Rian, Yockie merupakan seorang seniman besar sekaligus salah satu inspirasinya dalam bermain musik. “Semoga amal ibadah beliau di terima di sisi Allah SWT dan tempatkan di tempat yang sebaik baik nya.. aminn.. Al fatihah#yockiesuryoprayogo #restinpeace #legend,” tulis Rian di akun instagramnya.

Tak hanya dari kalangan musisi, ungkapan bela sungkawa juga datang dari Pengamat musik Bens Leo. Dia menilai, wafatnya Yockie merupakan kehilangan besar bagi industri musik tanah air. Karena menurutnya, albumn Yockie seperti Badai Pasti Berlalu dan Musik Saya Adalah Saya menjadi tonggak sejarah yang memadukan rock dengan orkestra. “Saya kenal Mas Yockie sejak awal-awal saya jadi wartawan,” kenang Bens.

Yockie Suryo Prayogo meninggal dunia pada Senin (5/2/2018) pukul 07.30 WIB dalam usia 63 tahun setelah sebelumnya, dirawat di rumah sakit akibat penyakit diabetes, sirosis, dan stroke yang dideritanya. Jenazah Yockie kemudian dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. (MD)

Share :
You might also like