Tunggu Izin Kepolisian, Penahan Longsor Belum Juga Dipasang

Jakarta, Airmagz.com – PT Waskita Karya hingga kini belum memasang sheet pile atau baja penahan longsor di terowongan Bandara Soekarno-Hatta. Padahal, ratusan lempeng baja sudah disiapkan di tempat itu. “Kami menunggu izin dari kepolisian,” ujar Humas Proyek PT Waskita, Daud Harahap, Senin, 12 Februari 2018.

Daud mengatakan, pemasangan sheet pile ini dilakukan untuk memperkuat dinding terowongan agar tidak ambrol lagi. PT Waskita telah menyiapkan material, peralatan, dan tenaga kerja, untuk pemasangan sheet pile itu. Namun langkah ini belum bisa dimulai kerena kepolisian masih melakukan penyelidikan di tempat itu. “Untuk keselamatan, semua dinding terowongan akan kami pasang baja penahan,” katanya.

Berdasarkan pantauan Tempo hari ini, tidak ada aktivitas apa pun di sekitar terowongan yang longsor itu. Semua area ditutup terpal biru. Ratusan lempeng baja yang masing-masing panjangnya sekitar 10 meter pun menumpuk di badan terowongan. Sejumlah alat berat juga parkir di dekat terowongan.

Dinding terowongan sebelah kiri Jalan Perimeter Selatan atau underpass Bandara Soekarno-Hattaambrol pada Senin, 5 Februari 2018. Peristiwa ini terjadi saat hujan deras di kawasan bandara. Material longsoran menimpa mobil Honda Brio yang berisi dua penumpang wanita. Proses penyelamatan berlangsung dramatis dan memakan waktu hingga sepuluh jam. Satu korban tidak bisa diselamatkan meski sudah mendapat perawatan di rumah sakit.(IMN/Tempo.co)

Read More  : Pasca Longsor, 3 BUMN Bersinergi Berikan Santunan dan Penanganan Bencana

REKOMENDASI