Menjaga Reputasi Perusahaan

Setiap unit dalam perusahaan punya peran dan tanggung jawab berbeda. Ibarat sebuah bangunan semua bagian yang menopang akan saling menguatkan. Paling tidak itu yang dirasakan M. Iqbal Taqiudin ketika unit yang dipimpinnya mendapat tanggung jawab yang tidak ringan. Bagaimana tidak, di tangan tim inilah citra dan reputasi perusahaan dipertaruhkan.

“Kami menyadari tugas corporate communication yang kami emban relatif berat. Ada banyak kasus dimana ketika tim corcomm tidak sigap mengantisipasi pemberitaan negatif di media, dampak ke perusahaan menjadi serius. Karena itulah, tugas kami untuk selalu menjaga reputasi perusahaan agar tetap positif di masyarakat,” ujar Iqbal yang juga menjabat sebagai Corporate Communication Manager BNI Syariah.

Karena alasan itulah, Iqbal berusaha menghindari terjadinya kesalahan pemberitaan di media. Apalagi, lanjut Iqbal, saat ini literasi keuangan syariah di Indonesia masih rendah. Pengguna produk syariah juga masih sedikit, hanya berkisar di angka 11 persen. Karena itu menjadi tugas corcomm bank Syariah untuk mengedukasi ke semua lapisan masyarakat. Caranya dengan menggandeng media untuk melakukan  sosialisasi.

“Kami selalu menjalin hubungan baik dengan insan media. Kami bentuk komunitas JES (Jurnalis Ekonomi Syariah) sebagai upaya untuk penyampaian visi perusahaan dan memperluas literasi keuangan syariah. Kami ingin pengetahuan jurnalis terkait perbankan syariah semakin dalam sehingga tidak terjadi kesalahan pemberitaan. Kita bikin whorkshop dengan mengundang, praktisi dan pakar bank syariah termasuk dari direksi kita,” lanjut Iqbal.

Saat ini, lanjut Iqbal komunitas JES yang anggotanya sekitar 50 media ini sudah tersebar di 11 kota. Ia menargetkan tahun 2018 bisa menyebar ke 20 kota di seluruh Indonesia. Ia juga membentuk PR Agent di setiap cabang yang bertugas menyampaikan program-program unggulan terkait produk, layanan, serta event yang diselenggarakan di tiap cabang.  “Kami juga punya media internal Hasanah Lifestyle dengan maksud karyawan di cabang mau mengikuti perkembangan industri ekonomi syariah sekaligus melihat arah strategi perusahaan,” ujar jebolan Fisip, Universitas Indonesia ini.

Rupanya kerja keras seluruh tim berbuah hasil dimana BNI Syariah diganjar TOP Brand Award selama 4 tahun berturut-turut. Ada tiga indikator yang  menjadi penilaan yaitu: Top of Mind Share, Top Market Share dan Top Commitment Share. “Kami ingin tunjukkan bahwa PR punya fungsi yang sangat strategis. Ketika kita mampu menjaga reputasi lewat pemberitaan di media maka akan berimbas positif bagi kinerja perusahaan,” tutup pria yang juga menjadi anggota grup vokal Snada tersebut. (SS)

M. Iqbal Taqiudin

Corporate Communication Manager BNI Syariah

REKOMENDASI