Berikut Prosedur untuk Atasi Barang Bawaan Hilang atau Tertinggal Saat Melakukan Penerbangan

Jakarta, Airmagz.com – Bagi kalian yang pernah mengalami kehilangan barang bawaan atau tertinggal saat melakukan penerbangan, kalian jangan buru-buru panik dan berkecil hati. Sebab kesempatan untuk menemukan kembali barang bawaan kalian selalu terbuka lebar. Caranya kalian bisa mengurusinya dengan menghubungi bagian Lost & Found Center di bandara di mana barang kalian itu hilang atau tertinggal. Berikut prosedur Dirjen Penghubungan Udara yang bisa kalian ikuti.

Pertama, kalian perlu membuat laporan kehilangan terlebih dahulu ke pihak maskapai sebelum kalian keluar dari area bandar udara. Selain itu, kalian juga perlu memberi informasi lengkap mengenai penerbangan kalian. Tunjukkan kartu identitas dan boarding pass yang kalian miliki sebagai bukti untuk memperkuat laporan.

Langkah selanjutnya, deskripsikan secara lengkap barang kalian yang hilang atau tertinggal. Karena dengan deskripsi yang jelas akan sangat membantu dalam proses pencarian. Penting juga pada saat kalian melakukan penerbangan, untuk memfoto dan menyimpan bagasi tercatat kalian supaya mempermudah pencarian apabila barang bawaan kalian mengalami kehilangan atau tertinggal.

Terakhir, perhatikan dan pantau informasi yang diberikan maskapai. Jika dalam waktu tiga hari setelah kehilangan atau tertinggal, kalian belum mendapat kepastian dari pihak maskapai, kalian juga perlu melakukan pelacakan dengan cara menelepon layanan bagasi bandara atau mendatangi langsung kantor resmi maskapai penerbangan.  Dan pastikan kalian menerima bukti laporan property irregularity report (PIR) dari petugas maskapai di bagian lost and found. (MD)

REKOMENDASI