Inilah Tips Memilih Rumah Ala Reliance Finance

Jakarta, Airmagz.com – Sewaktu di sekolah dasar dulu, tentu kalian pernah mendengar bahwa kebutuhan dasar manusia meliputi tiga hal, yaitu kebutuhan atas sandang, pangan, dan papan.

Di antara tiga aspek ini, papan atau kebutuhan terhadap tempat tinggal ataupun rumah, seringkali menjadi kebutuhan yang cukup sulit dipenuhi. Alasannya, karena harga rumah yang setiap harinya semakin tinggi. Akibatnya tidak sedikit masyarakat Indonesia yang belum memiliki rumah.

Reliance sebagai perusahaan yang salah satu core bisnisnya adalah finance berusaha menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap rumah ini melalui program inklusi keuangan kredit pemilikan rumah.

Namun sebelum memutuskan untuk mengredit rumah, tentu ada baiknya masyarakat terlebih dahulu mempertimbangkan kriteria rumah yang akan dibeli. Aspek apa saja yang perlu diperhatikan.

Berikut Gabriel Chiodo Senior HVAC Technician Reliance Home Comfort memberikan tips terkait kriteria rumah yang akan dibeli.

Menurut dia, pertama pastikan lokasi rumah yang kalian pilih, di sisi kanannya terdapat supermarket atau pasar. Tujuannya supaya ketika kalian pulang dari kerja atau kegiatan lainnya, kendaraan yang kalian tumpangi bisa langsung mampir ke supermarket tanpa perlu putar arah lagi.

Kedua, pastikan juga di sebelah kanan rumah kalian ada tempat pengisian bahan bakar (SPBU). Ini juga maksudnya sama. Supaya kendaraan kalian tidak perlu putar arah dan kalian juga bisa efisien untuk mengisi bahan bakar karena lokasinya yang relatif dekat dengan rumah.

Ketiga, Gabriel menyarankan agar rumah yang kalian ingin beli, lokasinya tidak  di bawah Sutet. Karena ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan keselamatan.

Pertimbangan yang keempat adalah, pastikan lokasi rumah yang kalian incar tidak berada di  dalam hutan dan sisi belakangnya tidak terdapat jurang ataupun sungai. “Kalau lokasinya begitu, kreditur nggak akan kasih pinjaman,” katanya.

Keberadaan got di depan rumah, menurut Gabriel juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan. Paling tidak, ketinggian got itu minimal 3 inchi supaya rumah kalian terhindar dari banjir.

Selanjutnya, perhatikan pula sertifikat rumah yang kalian ingin beli. Pastikan sertifikat tersebut pecah. Setelah kriteria-kriteria tersebut terpenuhi, barulah kalian menentukan krediturnya. Dalam hal ini, lanjut Gabriel, Reliance melalui multifinancenya hadir menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk membantu memiliki rumah. (MD)

Share :
You might also like