Setengah Dari Penerbangan Eropa Tertunda Akibat Kegagalan Sistem Eurocontrol

Oleh : Saman Parthaonand

Nusa Flying Indonesia, Pemerhati Penerbangan

Penumpang di Eropa mengalami gangguan pada tanggal 3 April 2018, setelah kegagalan sistem pemrosesan rencana penerbangan di Eurocontrol pengelola jaringan Eropa, mempengaruhi sekitar setengah dari penerbangan hari itu dan beberapa bandara utama di benua itu. Eurocontrol sejak itu memperbaiki masalah dan memastikannya tidak menimbulkan risiko keamanan.

Organisasi Eropa untuk Keselamatan Navigasi Udara, umumnya dikenal sebagai Eurocontrol, mengatakan dalam siaran pers pada 3 April 2018, bahwa “telah terjadi kegagalan Enhanced Tactical Flow Management System (ETFMS), dengan juga berdampak pada terkait sistem rencana penerbangan. ”Pilot dan ATC (Pengendali lalu lintas udara) di seluruh Eropa dilaporkan mengatakan:“ Semua upaya untuk mengaktifkan kembali ETFMS terbukti tidak berhasil. ”

Badan itu, yang mengkoordinasikan lalu lintas udara untuk 41 Negara anggota, juga mengatakan bahwa masalah dengan sistem telah diidentifikasi dan meyakinkan bahwa prosedur darurat diberlakukan. Namun, langkah-langkahnya akan memiliki “efek mengurangi kapasitas jaringan Eropa sekitar 10%”. Ini karena ketika ETFMS gagal, sisa sistem mengkompensasi dengan mengurangi jumlah pesawat per bandar udara yang diizinkan untuk lepas landas menjadi hanya 10 per jam, meluncurkan pembatasan secara bertahap (The Inquirer).

Sistem ETFMS sangat penting bagi fungsi manajemen aliran Eurocontrol dan mengelola sekitar 30.000 penerbangan setiap hari. Ini dirancang untuk menyesuaikan permintaan lalu lintas dari maskapai penerbangan dengan kapasitas yang tersedia dari sektor kontrol lalu lintas udara (ATC) tertentu. Ketika maskapai penerbangan mengajukan rencana penerbangan, sistem menghitung jalur sesuai dengan data di wilayah udara yang tersedia dan mengalokasikan slot yang sesuai (The Independent).

Karena pemadaman tersebut, rencana penerbangan yang diajukan oleh Maskapai penerbangan sebelum 10:26 UTC hilang, menyebabkan pembatasan pada jumlah keberangkatan di bandara di seluruh Eropa. “Hari ini 29.500 penerbangan diharapkan di jaringan Eropa. Sekitar setengah dari mereka bisa mengalami penundaan sebagai akibat dari pemadaman sistem, ”kata Eurocontrol dalam pernyataannya.

Bandara tersibuk Inggris, London Heathrow (LHR), mengatakan tidak ada dampak pada operasinya, sementara itu, sekitar 59% penerbangan berangkat di Bandara London Gatwick (LGW) ditunda antara pukul 3 sore dan 4 sore waktu setempat, menurut perusahaan data FlightStats.

Bandara termasuk Schiphol Amsterdam (AMS), Brussels (BRU), Praha (PRG), Kopenhagen (CPH) dan Helsinki (HEL) juga memperingatkan wisatawan bahwa penundaan bisa terjadi. Para pelancong di Prancis sangat terpukul sejak negara itu mengalami pemogokan oleh karyawan Air France dan serikat pekerja lainnya.

“Kami dapat memastikan bahwa semua sistem kami sekarang aktif dan berjalan normal. Kami melakukan analisis penuh tentang apa yang terjadi sehingga pelajaran dapat dipelajari. Permintaan maaf kami yang tulus kepada semua yang terpengaruh. ” EUROCONTROL (@eurocontrol) 4 April 2018

Menurut Eurocontrol, pemadaman ETFMS tidak mempengaruhi kontrol lalu lintas udara (ATC) dan tidak ada implikasi keamanan. Badan ini juga mengklaim bahwa dalam lebih dari 20 tahun beroperasi, sistem ini hanya memiliki satu pemadaman yang terjadi pada tahun 2001.

REKOMENDASI