Resmi Beli 50 Pesawat Boeing 737 MAX 10, Lion Air Group Jadi Pelanggan Terbesar

Jakarta, airmagz.com – Lion Air Group dan Perusahaan pesawat asal Amerika, Boeing resmi menandatangani pembelian 50 Pesawat Boeing 737 Max 10. Kontrak pembelian tersebut bernilai 6,24 miliar dollar AS.

Pemilik Maskapai Lion Air Group Rusdi Kirana, mengatakan pembelian pesawat ini tidak akan terealisasi jika negara ini tidak mendukung dengan cara membangun infrastruktur seperti bandara. 

Pembelian pesawat Boeing 737 Max ini, lanjut Rusdi untuk memenuhi kebutuhan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga kebutuhan luar negeri. Rute-rute jarak jauh seperti Jakarta-Jeddah dan Indonesia ke negara-negara Asia Selatan juga akan dilayani pesawat terbaru ini.

Bahkan dalam dua sampai tiga pekan ke depan, pihaknya akan menambah lagi jumlah pesawat MAX 10. “Kita lihat saja nanti,” kata Rusdi. Selain itu, ia juga berencana  akan menjadikan Bandara Silangit sebagai hub penerbangan jarak pendek dan jauh. 

Boeing 737 Max 10 merupakan pesawat terbesar di keluarga 737 MAX yang sebelumnya sudah dioperasikan Lion yaitu MAX 8 dan MAX 9. MAX 10 juga menjadi pesawat berlorong tunggal dengan kemampuan terbang yang mencapai 200 nm atau setara dengan 370,4 km. Dibanding pesawat besar lainnya, MAX 10 tergolong lebih efisien dan ekonomis karena biaya perjalanan dan seat mile cost-nya yang lebih rendah 5 persen. 

Presiden dan CEO Lion Air Group, Edward Sirait, menyampaikan keluarga MAX akan memberikan solusi bagi Lion Air Group mengingat hal ini sejalan dengan ekspansi bisnis dan komitmen Lion untuk mengedepankan kenyamanan bagi para pelanggan. 

“Kami juga akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk menjadi pemimpin pasar aviasi dengan menyediakan layanan yang terbaik,” ucap pria kelahiran Tapanuli, 1962 ini di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. 

Menurut Senior Vice President, Asia Pacific dan India Sales, Boeing Commercial Airplanes, Dinesh Keskar, menyatakan pembelian 50 pesawat Boeing 737 MAX 10 ini menjadikan Lion Air Group sebagai pelanggan Boeing dengan dengan pemesanan pesawat terbesar hingga saat ini. Dia pun berharap, kerjasama positif ini bisa terus berlanjut. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pembelian pesawat Boeing 737 MAX 10 yang dilakukan Lion ini menunjukkan indikasi bahwa dunia industri tumbuh dengan baik begitupun kontribusinya terhadap negara. 

Oleh karena itu, sebagai regulator, pemerintah mendukung agar pembelian pesawat ini seutuhnya bisa terealisasi. Momentum ini, kata dia, sekaligus menjadi bukti dari komitmen dan kerja keras pemerintah untuk terus memperbaiki standar penerbangan Indonesia supaya sesuai standar penerbangan internasional. (MD)

Share :
You might also like