Pesawat Jadi Bangkai, Buang Kemana?

Jakarta, airmagz.com – Pernahkah traveler bertanya dalam hati, ke manakah perginya pesawat yang sudah pensiun? Inilah kehidupan kedua dari para pesawat itu

Melansir CNN Travel, Senin (16/4/2018) pesawat memiliki umur pakai terkait dengan standar keamanan. Pesawat tua memang tidak boleh terbang. Itu sebabnya, menjelang pesawat pensiun di dunia ini, sudah ada saja langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

sumber foto : CNN Travel

Memang ada kapal tua yang terlantar dan berkarat di padang pasir di kuburan pesawat. Tapi sebagian besar akan dimanfaatkan kembali, karena nilai ekonomis yang besar di bagian interiornya.

Air Salvage International, sebuah perusahaan yang berbasis di Bandara Cotswolds Inggris menyebut rata-rata usia pesawat yang dibongkar yang telah mencapai usia 18 tahun. Namun ada pula pembongkaran pesawat yang bahkan belum berusia 10 tahun.

Perusahaan itu telah membongkar sekitar 730 pesawat komersial dari semua jenis selama beberapa dekade. Ada potensi suku cadang pesawat yang dapat digunakan kembali sebagai aset.

Bisa di bilang pembongkaran pesawat adalah industri yang besar. Sebagian besar nilai ekonomisnya ada di bagian mesin, tetapi semua jenis suku cadang dan suku cadang bekas dan bagian-bagian kabin lainnya walau terbilang tak terlalu laku.

Jika dirawat dengan benar, sebuah pesawat terbang dapat beroperasi selama beberapa dekade. Bahkan, beberapa maskapai mungkin lebih memilih jenis pesawat yang lebih tua karena alasan operasional.

Ada beberapa fasilitas di seluruh dunia yang menjadi fasilitas penampungan pesawat. Ada Mojave Desert di Amerika Serikat, di Eropa, fasilitas serupa ada di Cotswolds (Inggris), Tarbes dan Francazal (Prancis) dan Teruel (Spanyol) yang memiliki iklim kering dan ketersediaan lahan luas.

Bukan seperti kuburan, penyimpanan ini hanya sementara sebelum pesawat berpindah tangan dan dihapus dari daftar terbang. Lalu, pesawat ini akan siap untuk dipreteli.

Setelah dipreteli tanpa barang berharga, badan pesawat dapat dipotong. Setelahnya dapat digunakan sebagai fasilitas pelatihan untuk awak kabin, petugas pemadam kebakaran atau untuk kepentingan lembaga pendidikan.

Nasib berbeda dialami Boeing 747 milik Virgin Atlantic. Setelah tidak beroperasi, jet jumbo ini dipindahtangankan ke perusahaan saudara Virgin Galactic dan bisa berfungsi sebagai landasan peluncuran untuk pesawat ruang angkasa.

Individu dan pengusaha swasta yang juga telah membeli pesawat tua ada yang mengubahnya menjadi hotel, restoran, atau tempat wisata. Seperti Boeing 767 dari maskapai penerbangan Rusia yang sekarang bangkrut Transaero, menjadi instalasi cantik di sebuah taman di sebelah barat Irlandia

Wisatawan yang bermalam di Bandara Arlanda Stockholm dapat tidur di Jumbo Stay Hotel. Sesuai namanya, inilah hotel dari pesawat Boeing 747.

Yang lain, di sebelah Bandara Zurich ada sebuah pesawat Ilyushin Il-14 buatan Soviet yang diletakkan di tengah restoran bernama Runway34.

Nostalgia dengan pesawat tua yang dihidupkan kembali amat jarang terjadi. Dan, itulah cerita kehidupan kedua dari pesawat yang sudah berumur. (IMN/Detik.com)

REKOMENDASI