Pengelap Pesawat Jadi Kepala Otban

Garis kehidupan memang tidak ada yang tahu. Tuhan sudah punya rencana terbaik bagi seluruh hambanya. Itulah yang dirasakan dan dialami Bagus Sunjoyo, bagaimana seorang yang hanya berprofesi sebagai pengelap pesawat dulunya, kini menjadi Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah I Soekarno-Hatta.

Hingga kini belum ada satu tahun Bagus Sunjoyo resmi menjabat sebagai Ka Otban Wilayah I, tapi langkah-langkah briliannya jelas menampakkan ketegasan akan menjadikan seluruh bandara diwilayahnya zero accident.

Ketegasan sikapnya memang tampak mengalir sejak kecil, lebih-lebih bagaimana ia memulai berkaris di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memang dari nol, “Dari seorang pengelap dan pembersih pesawat terbang,” katanya tersenyum.

Tapi Bagus sangat bangga, karena berawal dari profesi itulah dirinya kini bisa dipercaya memimpin Otban Wilayah I.

Bagus bercerita dirinya besar di Blitar, usai lulus STM Penerbangan di Malang sekitar tahun 1981-an dirinya langsung merantau ke Medan dan bekerja di PTP IV dan IX yang memiliki sejumlah pesawat. Dirinyanya yang bertugas merawat pesawat itu termasuk membersihkannya, “Ya jadi tukang elap pesawat,” katanya terkekeh.

Saat di PTP IV dan IX itulah dirinya memperoleh kesempatan mendaftarkan diri di PLP Curug dan lulus tes masuk. Ia pun mengambil jurusan Teknik Pesawat. “Saya sempat minder saat diterima masuk di Curug, dari ribuan peserta hanya 26 orang yang lulus termasuk saya, bangga bercampur minder, bagaimana tidak minder wong saya dari kampung,” tuturnya.

Lulus dari Curug sekitar tahun 1985 dan pada 1986 langsung bekerja di Direktorat Kelaikan Udara, Kemhub. Bagus mengaku menjalani karirnya dengan mengalir begitu saja seperti sudah diatur Tuhan. Ia pernah di Otban Sirabaya, hingga terakhir di Balai Besar Kalibrasi selama kurang lebih 3 tahun sebelum dipercaya menjadi Ka Otban I Soekarno-Hatta.

Dengan kepercayaan ini dirinya pun bertekad akan bekerja sungguh-sungguh dan menjalankan amanah sebaik-baiknya. “Apapun tupoksi dan kewenangan yang ada pada Otban akan saya jalankan dan tegakkan sesuai aturan perundang-undangan, terhadap operator bandara, penerbangan dan semua pengguna jasa penerbangan,” tegasnya. (SS)

Bagus Sunjoyo

Kepala Otban I Bandara Soekarno-Hatta

REKOMENDASI