Asiana Airlines Tabrak Turkish Airlines di Bandara

Jakarta, airmagz.com – Pesawat komersial Korea Selatan, Asiana Airlines, menabrak pesawat Turkish Airlines yang sedang parkir di landasan Bandar Udara Internasional Ataturk Istanbul, Turki, Minggu (13/5).

Korean Times melaporkan Asiana Airbus A330 menabrak Turkish Airlines A321 saat hendak lepas landas menuju Incheon.

Rekaman video yang tersebar di YouTube menunjukkan sayap kanan pesawat Asiana menabrak stabilisator atau penyeimbang vertikal Turkish Airlines.

Insiden itu menyebabkan ekor pesawat Turkish Airlines patah dan beberapa bagian terbakar. Asiana Airbus A330 tengah membawa 222 penumpang saat peristiwa terjadi

“Saudara saya Clare Chambers sedang berada di pesawat Turkish Airlines saat insiden terjadi yang sekarang tak berekor,” ucap seorang pengguna Facebook, Pete Young, seperti dikutip Channel NewsAsia.

“Saudara saya dalam keadaan baik-baik saja meski mengalami sedikit cedera punggung. Tampaknya, pesawat yang ia tumpangi tidak sepenuhnya parkir dalam posisi sempurna, tapi ATC (Pemantau Lalulintas Udara) tetap mengizinkan pesawat Asiana lewat di belakang Turkish Airlines. Oops,” lanjutnya.

Insiden menyebabkan penerbangan menuju Incheon ditunda sementara waktu. Ratusan penumpang Asiana Airlines dikabarkan dialihkan ke penerbangan lainnya menuju Korsel, Senin (14/5).

Otoritas berwenang mengatakan tidak ada korban terluka dalam kejadian tersebut. Pejabat Korsel disebut berencana mengirim sejumlah stafnya untuk menyelidiki insiden itu.

“Jika kementerian menemukan insiden tabrakan itu adalah kesalahan Asiana Airlines, maka maskapai tersebut akan meneruma sanksi adinistratif,” bunyi laporan Korean Times mengutip pejabat kementerian Korsel.

Insiden ini terjadi ketika Asiana Airlines tengah gencar menyaingi rivalnya, Korean Air, yang sedang dirundung skandal penyalahgunaan kewenangan dan dugaan perlakuan kejam terhadap para karyawannya.

Sejumlah pihak menyebut Asiana Airlines bisa mempersempit defisit keuntungannya dengan Korean Air. Namun kecelakaan akhir pekan lalu disebut bisa mempengaruhi target perusahaan untuk mengalahkan Korean Air. (IMN/CNNIndonesia)

Share :
You might also like