Penerbangan Rute Internasional Termurah di Dunia, Apa Saja?

Jakarta, airmagz.com – Maskapai penerbangan AirAsia X merupakan maskapai penerbangan termurah di dunia untuk rute internasional, jika dihitung dari rata-rata harga tiket per kilometer.

Hal itu berdasarkan sebuah laporan mengenai harga tiket penerbangan berbagai maskapai penerbangan di dunia. Laporan Global Flight Pricing disusun oleh situs perjalanan Rome2Rio. Dalam laporan yang sama, terungkap bahwa rata-rata harga penerbangan per kilometer telah meningkat dari 17,75 dollar AS pada tahun 2016, menjadi 18,8 dollar AS.

Tim riset dari Rome2rio menganalisa data harga tiket kelas ekonomi selama dua bulan periode dengan ukuran harga dollar AS per kilometer.

Maskapai penerbangan asal Asia dan India menguasai peringkat 25 maskapai penerbangan termurah di dunia. Air Asia X pada peringkat teratas, disusul Air India Express dan Indonesia AirAsia. Ada dua maskapai penerbangan asal Indonesia dalam daftar peringkat tersebut. Selain Indonesia AirAsia, ada pula Lion Air.

Riset ini juga menyebutkan bahwa Virgin Atlantic adalah salah satu dari sedikit maskapai penerbangan yang menurunkan ongkos penerbangannya sejak tahun 2016.

Hal ini membuat maskapai penerbangan tersebut naik ke peringkat 42 dari sebelumnya peringkat 100.

25 maskapai penerbangan termurah di dunia (rute internasional):

1. AirAsia X

2. Air India Express

3. Indonesia AirAsia

4. Primera Air

5. IndiGo Airlines

6. Etihad

7. Ryanair

8. Qantas

9. WOW air

10. Virgin Australia

11. Oman Air

12. Jet Airways

13. Air India Limited

14. Sri Lankan Airlines

15. Qatar Airways

16. Hainan

17. Kuwait Airways

18. AirAsia Philippines

19. Royal Brunei Airlines

20. China Southern Airlines

21. Lion Mentari Airlines

22. Jetstar

23. Gulf Air Bahrain

24. Cebu Pacific

25. Emirates

Jika dilihat dari daftar peringkat 1-30, ada dua maskapai penerbangan yang berbasis di Asia dan Timur Tengah.

“Terutama AirAsia Group mendominasi dengan tiga dari maskapai penerbangannya berada di peringkat 20 teratas,” kata Kirsteene Phelan, chief operating officer untuk Rome2Rio, seperti dikutip dari Telegraph.

Perbandingan tarif maskapai penerbangan berdasarkan harga tiket kelas ekonomi yang ada di Rome2rio pada periode Januari sampai Februari 2018. Situs ini melayani jutaan pengunjung situs per bulannya dengan pengguna berasal dari Eropa, Amerika, dan Asia Pasifik. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like