Nyaman Menghadapi Penerbangan Jarak Jauh, Intip Tips nya

Jakarta, airmagz.com – Cukup banyak orang yang suka terbang, tapi jarang yang senang terbang berlama-lama karena khawatir akan melelahkan. Sebenarnya ada cara untuk menghadapi penerbangan jarak jauh Anda agar tetap terasa nyaman.

1. Lakukan check-in online dan pilih kursi Anda

Hampir semua maskapai kini telah menyediakan fasilitas online check-in. Dengan layanan ini, Anda bisa memilih sendiri kursi Anda. Lakukanlah itu sebelum penerbangan dan buatlah diri Anda merasa nyaman.

Sedikit tips dalam memilih kursi:

  1. Jangan pilih kursi di bagian depan. Memang biasanya kursi di bagian terdepan memiliki area kaki yang lebih luas. Tapi perlu diingat, kursi di bagian depan ini biasanya diisi oleh keluarga atau orang tua, yang bisa jadi membawa bayi ataupun berpergian dalam rombongan besar. Jika Anda duduk di antara mereka, bisa jadi Anda akan terganggu akan suara tangisan bayi ataupun terjebak di antara obrolan keluarga.
  2. Pilihlah kursi yang berada dekat sayap pesawat, karena pada saat turbulensi, daerah dekat sayap pesawat ini tergolong lebih aman, sehingga Anda tidak akan terlalu merasakan getaran yang dahsyat.
  3. Jangan pilih kursi yang berdekatan dengan lokasi toilet. Dalam penerbangan jarak jauh, penumpang pasti akan membutuhkan toilet. Anda bisa terganggu oleh bunyi buka-tutup pintu yang terlalu sering, ataupun hiruk pikuk orang yang berlalu-lalang dan mengantri.
  4. Jika Anda tergolong orang yang sering ke toilet, kami sarankan agar Anda memilih kursi di pinggir jalan supaya Anda mudah keluar masuk ketika Anda harus ke toilet.
  5. Jika Anda tidak terlalu sering ke toilet, maka pilihlah kursi di dekat jendela karena bisa memberikan Anda tempat untuk bersandar yang lebih nyaman ketika Anda tertidur.

2. Pesan makanan yang sesuai dengan preferensi Anda

Biasanya maskapai penerbangan jarak jauh memberikan kesempatan kepada penumpangnya untuk memberitahukan preferensi atau alergi makanan pada saat check-in online. Lakukanlah hal itu supaya Anda mendapatkan makanan yang Anda inginkan ketika berada dalam pesawat. Selain itu, pramugari akan mengantarkan makanan Anda lebih dulu ketimbang penumpang lain.

3. Bawa penyumbat telinga, penutup mata, dan bantalan leher agar Anda bisa tidur dengan nyaman

Bisa tertidur pulas dalam sebuah penerbangan tidaklah semudah yang dipikirkan. Suara orang mengobrol, suara pemberitahuan pesawat, bunyi mesin pesawat, dan lampu bisa membuat seseorang sulit tidur dalam penerbangan. Jika Anda termasuk penumpang yang seperti itu, kami sarankan agar Anda membawa perlengkapan tidur Anda. Bawalah penyumbat telinga, penutup mata, dan bantalan leher, agar Anda bisa mengurangi gangguan yang berasal dari suara dan cahaya.

4. Usahakan agar Anda tidak dehidrasi. Siapkan botol kosong dan isilah setelah melewati pemeriksaan terakhir atau di dalam pesawat

Kondisi udara di dalam pesawat yang cenderung lebih kering membuat Anda lebih mudah haus. Penerbangan jarak jauh memang sering sekali menawarkan minuman pada penumpangnya. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga membawa botol kosong dari rumah dan mengisinya sebelum naik pesawat, atau meminta pramugari/a mengisinya dalam penerbangan.

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan bawa jaket ber-hoodie

Bayangkan, Anda akan berada dalam pesawat selama belasan jam dan tidak bisa mandi ataupun berganti pakaian sesering biasanya. Oleh karena itu pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman ketika Anda akan melakukan penerbangan jarak jauh. Selain itu, walaupun maskapai biasanya menyediakan selimut untuk penumpangnya, ada baiknya Anda juga membawa jaket ber-hoodie yang bisa melindungi kepala Anda dari terpaan angin dari AC di atas.

6. Hindari kopi dan alkohol yang berlebihan

Dalam penerbangan jarak jauh, Anda ingin bisa tidur dengan pulas supaya Anda tidak mengalami jet lag berlebihan ketika tiba di tempat tujuan. Kopi dan alkohol bisa membuat Anda terjaga dan malah tidak bisa tidur. Jika Anda butuh asupan kafein, cobalah minum teh hijau yang memiliki level kafein lebih rendah ketimbang kopi. Sementara jika Anda adalah tipe orang yang baru bisa tidur setelah minum minuman beralkohol, pastikan bahwa jumlahnya tidak berlebihan, sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak, dan bukannya malah pusing dan muntah di kamar mandi.

7. Bawa sesuatu yang bisa dikerjakan, dibaca, atau dimainkan selama penerbangan

Maskapai penerbangan jarak jauh biasanya memang menyediakan in-flight entertainment atau hiburan dalam pesawat. Anda bisa menonton film, mendengarkan lagu, dan bermain game melalui layar TV di hadapan Anda. Tapi jika Anda bosan, ada baiknya Anda membawa hiburan Anda sendiri, baik itu buku, majalah, film, ataupun pekerjaan untuk mengisi waktu Anda selama dalam pesawat.

8. Bawa sikat gigi dan pasta gigi, sabun cuci muka, pakaian dalam, serta pakaian ganti

Jika Anda terbang selama lebih dari 12 jam, maka kemungkinan besar Anda akan melihat matahari terbenam dan matahari terbit dari dalam pesawat. Bawalah sikat gigi dan pasta gigi, sabun cuci muka, pakaian dalam dan pakaian ganti untuk menyegarkan diri Anda selama penerbangan, ataupun setibanya di tempat tujuan nanti.

9. Bawa obat-obatan standar

Tidak pernah ada yang tau apa yang akan terjadi selama di dalam pesawat. Anda bisa mendadak pusing, mual, ataupun sakit perut. Persiapkan obat-obatan standar seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, ataupun minyak angin dan minyak kayu putih untuk pencegahan, siapa tahu Anda membutuhkannya selama penerbangan. (IMN/Skyscanner.id)

Share :
You might also like