Bandara Soekarno Hatta Paling Telat, Ini Sebabnya

Jakarta, airmagz.com – Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang dinilai sebagai bandar udara yang paling tidak tepat waktu keberangkatan penerbangannya di dunia.

Hal itu berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh perusahaan udara yang berbasis di Inggris yakni OAG.

Selain fokus pada upaya keselamatan, sistem pelayanan di bandara wajib diperhatikan. Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait pun menerangkan mengenai persoalan ini.

“Kami mencari tahu bagaimana metode survei penilaian tersebut. Mereka menganggap dari tiket pesawat yang telah terjual, apa diberangkatkan atau tidak. Itu lah yang menjadi acuannya,” ujar Yohanes kepada Warta Kota saat dijumpai di Hotel Golden Tulip, Kota Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Yohanes menyebut apa penilaian ini ada keterkaitannya dengan kepadatan penumpang di Bandara Soetta.

Seperti diketahui data mencatat sebanyak 63 juta penumpang di Bandara Soetta setiap tahunnya.

“Kalau dilihat dari hasil survei, ada juga bandara yang tidak sibuk tapi paling ngaret juga,” ucapnya.

Saat disinggung masalah delay atau keterlambatan yang kerap terjadi, dirinya menjelaskan bahwa slot penerbangan didapatkan oleh pihaknya dari Kementerian Perhubungan. Kemudian masuk dalam sistem AirNav Indonesia.

“Kalau memang berjalan mulus, maka tidak ada delay. Tapi kan pada kenyataanya banyak kendala yang terjadi,” kata Yohanes.

“Alasannya pun macam – macam. Seperti operasional dari maskapai dan juga bencana alam. Contohnya pada kejadian letusan Gunung Agung kemarin yang berdampak pada penerbangan,” ungkapnya.

Ia mengklaim pihaknya sudah memberikan solusi agar masalah delay ini tak terjadi lagi. Yakni dengan membuat sistem aplikasi yang digunakan oleh para maskapai.

“Mereka bisa lihat sendiri jadwalnya, delay-nya berapa lama. Lalu dimasukan ke dalam sistem, kami kasih toleransi 30 menit,” tutur Yohanes.

Yohanes berharap dengan adanya sistem aplikasi ini bisa mendukung sejumlah pelayanan. Dan bertujuan menjadi transparan.

“Bisa juga mendorong maskapai untuk on time. Dengan pelayanan yang semakin terbuka ini juga bisa dicek online pada sistem aplikasi kami,” paparnya. (IMN/Wartakota)

Share :
You might also like