Pilot Merokok, Pesawat Terjun Bebas 21000 Kaki

Jakarta, airmagz.com – Di China sedang ada insiden penerbangan yang diselidiki otoritas setempat. Pesawat yang lagi terbang merosot jatuh 21.000 kaki, diduga karena pilot merokok.

Insiden ini jadi ramai disebar di media sosial di China dan jadi pemberitaan sejumlah media internasional seperti dilihat detikTravel, Kamis (12/7/2018). Kejadiannya pada Air China penerbangan CA 106 dari Hong Kong ke Dalian pada Selasa malam kemarin.

Menurut News.com Australia, data dari FlightAware menunjukan pesawat tiba-tiba jatuh dari 35.000 kaki ke 14.000 kaki dalam 10 menit, sebelum menyesuaikan diri lagi. Lantas pesawat tetap bisa mendarat seperti biasa dan semua penumpang selamat.

Setelah itu ramai beredar di situs Weibo, foto-foto di kabin pesawat menunjukan masker oksigen berjatuhan untuk para penumpang. Netizen mengatakan, “Pengumuman dari kokpit mengatakan oksigen di kabin malfungsi sehingga pesawat kehilangan tekanan.”

Kemudian beberapa laporan setempat di China merebak. Ada kecurigaan kalau insiden ini diakibatkan pilot merokok di kokpit dan menyebabkan pesawat kehilangan tekanan dan akibatnya merosot dari ketinggian.

Air China tidak memberikan toleransi jika kru penerbangan terbukti melakukan kesalahan. Yang jelas, sejumlah penerbangan dibatalkan setelah insiden tersebut. (IMN/Detik.com)

 

REKOMENDASI