Robot Care-E, Permudah Urusan Penumpang di Bandara

Jakarta, airmagz.com – Robot di dunia penerbangan bukanlah hal yang baru. Sebelumnya Maskapai Penerbangan Belanda (KLM) telah berhasil mengembangkan robot dengan model Android Spencer, kini KLM menciptakan robot yang dapat membantu wisatawan selama di bandara bernama Care-E.

Berbeda dengan robot model sebelumnya yang hanya memandu wisatawan ke gerbang bandara, Care-E justru mempunyai tugas untuk mengantar wisatawan sampai ke pesawat. Dengan model seperti troli kecil, robot ini juga dapat membawa barang dengan berat sampai 40 kg dan memiliki kecepatan rata-rata menusia berjalan atau sekitar 5 km/jam.

Saat ini Robot mungil berwarna biru terang sedang diuji oleh KLM dan rencananya akan memulai tugasnya pada semester dua tahun 2018 di Bandara JFK New York dan Bandara Internasional San Francisco.

Dalam pengoperasiannya, wisatawan cukup memindai boarding pass pada kamera yang ada pada robot. Care-E juga sudah ditanam teknologi yang dapat mengetahui berbagai suara non verbal yang sering dilakukan oleh manusia, sehingga hal ini memudahkan wisatawan untuk menggunakan robot tersebut.

Robot ini juga dilengkapi teknologi mengolah data real time. Apabila wisatawan ingin menggunakan toilet atau memesan minuman maka robot ini akan menunggu wisatawan.

Walau Care-E dalam tahap pengujian, namun KLM sendiri belum memberikan informasi jumlah unit yang akan disiapkan. Dan untuk layanan ini belum diketahui berbayar atau tidak. (RDN/CNN)

Share :
You might also like