Gubernur Papua: Pembangunan Papua Berpihak Pada Ekonomi

Jakarta, Airmagz.com – Gubernur Papua mendukung pembangunan pariwisata di pulau cenderawasih itu dengan menginstruksikan pola pembangunan pariwisata yang berpihak kepada ekonomi rakyat harus menjadi prioritas kebijakan reformasi dengan tetap menyesuaikan diri dengan kondisi obyektif dan karakteristik masing-masing daerah.

Pembangunan tersebut harus dikelola dengan baik agar dapat memberi manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat tanah Papua, ungkap Gubernur Papua Lukas, Minggu (30/10) .

Menurut Lukas,  pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pun sangat penting dan wajib dilakukan. Sebab dengan adanya kualitas SDM yang baik secara langsung akan menentukan perkembangan pariwisata budaya itu sendiri.

Adanya pengembangan kompetensi SDM pariwisata dapat menyamakan persepsi, visi dan misi antara instansi pemerintah di daerah, dunia usaha dan masyarakat dalam pembangunan di sektor pariwisata, tambahnya.

“Serta dapat menciptakan tenaga-tenaga sumber daya manusia aparatur yang profesional, handal, terampil, kreatif dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya,” katanya lagi.

Dia menuturkan seperti diketahui Papua memiliki potensi sumber daya alam, budaya dan minat khusus yang melimpah ruah dan semuanya merupakan museum hidup di dunia.

“Karena itu, aparatur pemerintah dituntut untuk memberdayakan semua potensi dengan tidak melupakan bahwa apa yang ada sekarang ini menjadi hak generasi kini,” ujarnya.

Dia menambahkan, paradigma ini menekankan pada kemampuan SDM aparatur sebagai perencana, pelaksana pembangunan, kesiapan manajerial, kesanggupan serta kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Share :
You might also like