Perangi Berita Hoax dan Cyber Bullying

Tak hanya cantik, Marsya Gusman, juga berada di garis depan untuk memerangi berita tipuan (hoax) dan cyber bullying di dunia maya. Sebagai penyandang gelar Miss Internet 2017, Marsya bertugas mempromosikan berbagai kampanye internet untuk mendorong masyarakat menjadi melek internet dan berinternet cerdas.

Kejahatan di dunia maya seperti berita hoax dan membully, dirasa Miss Earth 2016 kategori best talent ini sudah terlalu masif di Indonesia. Menyikapinya, Marsya punya beberapa cara untuk memerangi kejahatan internet tersebut.

“Think before we share. Sebelum menyebarkan suatu berita yang belum jelas kebenarannya, jangan langsung disebarkan, baca terlebih dahulu konten yang ada. Segera periksa kebenarannya melalui laman turnbackhoax.id, laman untuk memeriksa dan melaporkan berita hoax,” ujar perempuan kelahiran 3 Februari, 23 tahun lalu itu.

Sementara untuk menyikapi cyber bullying, Marsya menyarankan untuk tidak menggubris ujaran bully dari warganet ketika menjadi korban bully. Sebab banyak korban bullying yang memang sengaja ingin dirusak hanya demi mendapat popularitas dan uang.

“Jangan pula ikut mem-bully, fokuskan kegiatan berinternet untuk melakukan hal positif seperti mengikuti orang yang menginspirasi,” ujar Duta Anti Narkoba Badan Narkotika Nasional itu. (MAH)

Marsya Gusman 

(Miss Internet 2017)

Share :
You might also like