Ternyata Ini Tempat Istirahat Staf Kabin Pesawat

Jakarta, Airmagz.com – Bekerja di atas udara sering terkadang memaksa para pramugari dan pramugara harus bekerja hingga 24 jam. Terlebih jika mereka harus melakukan penerbangan luar negeri, selama belasan jam mereka harus selalu nampak bugar untuk melayani para penumpang.

Pernahkah terlintas dibenak  Anda bagaimana para pilot dan para staf kbin mengatur waktu istirahatnya di tengah-tengah jadwal penerbangan sedemikian padat? Apakah profesi tersebut memang menuntut mereka untuk terjaga selama 24 jam sehari, setidaknya selama penerbangan berlangsung?

Faktanya, para awak kapal ini punya cukup waktu bahkan ruang untuk merelaksasikan otak dan fisiknya. Selagi penerbangan belum dimulai, atau para penumpang sedang tertidur lelap, secara bergantian pilot, pramugara maupun pramugari ternyata masih bisa saling bercengkrama santai atau tidur di dalam pesawat.

Independent, Minggu (30/10/2016) mengungkap, rupanya ada ruang rahasia di atas kabin pesawat pada beberapa penerbangan berkelas. Fasilitas kamar tidur untuk awak pesawat ini salah satunya disediakan oleh pabrikan Boeing 747 dan Airbus A380.

Ranjang-ranjang nan nyaman itu dapat menampung delapan orang. Letaknya persis di atas ruang penumpang kelas bisnis. Tangga rahasia untuk menuju ruang rahasia tersebut biasa ditemukan di balik ruang kokpit (pilot dan wakilnya) pesawat.

Bahkan, Boeing 777 dikabarkan memiliki kamar pembaringan paling luas . Di mana pilot bisa bergerak lebih leluasa, punya kamar mandi dan tempat cuci tangan sendiri. Bahkan tempat duduknya juga senyaman yang dipakai penumpang di kelas bisnis. Ditambah dengan dua ruang tidur untuk masing-masing kapten dan wakil pilot.

Share :
You might also like