Operasional Kereta Api Berjalan Normal Pasca Gempa Malang

Jakarta, airmagz.com – Beberapa waktu lalu, pukul 13.09 WIB, baru saja terjadi gempa di wilayah Malang bermagnitudo 5,2 Skala Richter. Getaran gempa yang disebabkan pergeseran lempeng tektonik indo Australia dan Eurasia dan berpusat di laut selatan Kabupaten dapat dirasakan hingga daerah sekitar yaitu Wilayah Pasuruan, Blitar, Lumajang , Tulungagung dan juga Jember.

Menyikapi kejadian gempa tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretaapian menyatakan bahwa kondisi prasarana perkeretaapian pada wilayah yang terdampak gempa tersebut sampai saat ini masih dalam kondisi baik. Khusus di Wilayah Malang dan Blitar yang merupakan lintas layanan KA Penataran, KA ini masih beroperasi dengan normal.

Untuk itu, Pemerintah menyampaikan kepada segenap pengguna jasa KA yang hendak melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Blitar yang melalui Malang, begitupun sebaliknya agar tidak ragu-ragu untuk tetap menggunakan moda transportasi kereta api. Kondisi prasarana dan juga sarana KA yang tidak terdampak gempa tersebut, membuat moda transportasi ini aman untuk digunakan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian mengatakan bahwa “segenap jajaran Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa bagian Timur bekerjasama dengan jajaran Daop VII PT.KAI (Persero) di Madiun dan Daop VIIi PT.KAI (Persero) di Surabaya terus bersiaga melaksanakan kegiatan pemantauan serta pengawasan untuk memastikan bahwa kondisi prasarana serta sarana KA yang ada di wilayah tersebut tetap aman untuk dioperasikan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pengoperasian KA pada wilayah tersebut dapat berjalan dengan baik, aman dan selamat.”

Faktor keselamatan dan keamanan menjadi fokus utama dalam pengoperasian moda transportasi massal kereta api, seiring dengan terus meningkatnya animo masyarakat untuk memilih KA dalam melakukan perjalanan menuju tempat tujuan. (IMN)

Share :
You might also like